Jawa Pos

Lahan dan Bujet Minim, Banyak Kebutuhan

-

tim Griyanggit­a, Saya memiliki tanah menghadap barat yang berukuran 10 x 15 meter. Banyak hal yang ingin saya wujudkan. Selain ruang ’’standar’’, saya membutuhka­n tambahan berupa kamar utama dengan kamar mandi dalam, kamar anak, dan ruang persewaan baju pesta di bagian depan rumah.

Saya juga ingin ada kolam renang dan garasi untuk tiga mobil. Jadi, saat keluarga berkumpul, parkirnya tidak mengganggu tetangga. Oh iya, saya ingin rumah yang tidak banyak sekat sehingga tampak luas. Karena bujet minim, saya ingin satu lantai saja. Terima kasih.

Jawaban

Sayang sekali data pengirim tidak tercantum. Kami akan tetap memberikan solusi desain sesuai dengan gambaran yang telah diberikan. Pemilik rumah memerlukan ruang-ruang dengan luasan cukup besar, sedangkan luas lahan terbatas. Begitu pula bujet. Jika semua kebutuhan ruang dipaksakan, tentu tidak nyaman. Kami menyaranka­n garasi digantikan

Dengan lebar lahan, tersedia ruangan untuk parkir tiga mobil berjajar. Jika sedang tidak ada tamu, bisa digunakan untuk parkir pelanggan persewaan. Lalu, ruang makan kami desain terbuka sekaligus berfungsi sebagai teras kolam. Ada kamar mandi luar yang berfungsi ganda untuk melayani pengguna ruang makan sekaligus menjadi ruang basuh atau ruang ganti pengguna kolam.

Untuk mengoptima­lkan ruangan, kami rencanakan posisi ruang tidur utama berdekatan dengan ruang tidur anak dan satu kamar mandi luar. Dengan begitu, posisi kamar mandi mudah dicapai dari kamar utama. Namun, privasi tetap terjaga. Bagian atas ruang persewaan dapat dimanfaatk­an untuk ruang penyimpana­n berupa dengan akses berupa tangga selebar 55–60 cm dan ketinggian antar-anak tangga 20–22 cm. Selamat membangun.

(*)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia