Jawa Pos

AFC Persoalkan Paspor Bertoldo

Status Pemain Timor Leste Dicabut

-

JAKARTA – Arema FC harus mengevalua­si kembali keberadaan Fellipe Bertoldo Do Santos. Pasalnya, Konfederas­i Sepak Bola Asia (AFC) telah mengeluark­an rekomendas­i untuk melarang sembilan pemain yang berpaspor Timor Leste. Salah seorang di antara mereka, Bertoldo. AFC menganggap paspor Timor Leste yang dikantongi Bertoldo ilegal.

Informasi itu diterima AFC setelah menerima pemberitah­uan dari Departemen Kehakiman Timor Leste. ’’Kami (AFC) sudah menerima pemberitah­uan dari Departemen Kehakiman Timor Leste melalui kedutaan besar mereka di Kuala Lumpur.’’ Demikian keterangan yang disampaika­n AFC melalui situs resmi mereka. ’’Intinya, paspor Timor Leste yang dipegang sembilan pemain dinyatakan batal demi hukum,’’ tandasnya.

Nah, dengan keluarnya keputusan tersebut, sembilan pemain, termasuk Bertoldo, tidak boleh didaftarka­n sebagai pemain yang berasal dari Timor Leste. Lalu, bagaimana nasib Arema? Sebab, Bertoldo juga menjadi bagian dari Arema saat menjuarai Piala Presiden 2017. Iwan Budianto selaku ketua panitia Piala Pre Presiden 2017 menjelaska­n, status pa paspor Timor Leste Bertoldo yang b bermasalah tersebut tidak mem memengaruh­i status Arema seb sebagai juara. Alasannya, perny pernyataan AFC itu muncul set setelah Piala Presiden 2017 berakhir. ’’Jadi, tidak b bisa berlaku surut. Sebab, p pemberitah­uan itu baru ada setelah Arema juara juara,’’ jelas Iwan tadi malam.malam ’’Tetapi, di kemudianke­mudia hari tentu pemberi pemberitah­uan dari AFC t terkait status Bert Bertoldo itu menjadi catatan PSSI dan Arema sendiri,’’ ujarnya.

Namun, lanjut pria yang juga menjabat kepala staf ketua umum PSSI itu, dengan keluarnya pemberitah­uan dari AFC, otomatis status Bertoldo sebagai pemain asing Asia bakal gugur. ’’Pengesahan­nya sebagai pemain Asia di Indonesia akan dievaluasi,’’ lanjut dia.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Transfer dan Alih Status Pemain PSSI Marco Gracia Paulo mengatakan, pihaknya sedang mengkaji secara mendalam sebelum memberikan keputusan terkait dengan masa depan Bertoldo. Terutama yang berkaitan dengan indikasi pemalsuan dokumentas­i dan identitas yang merupakan pelanggara­n hukum.

’’Dan, yang akan memutuskan nasib pemain ini (Bertoldo, Red) adalah federasi sendiri. Tetapi, kami saat ini melakukan kajian tentang masalah ini agar keputusan yang diambil tidak parsial,’’ papar Marco.

Namun, dengan keluarnya pernyataan resmi dari pemerintah Timor Leste itu, otomatis Bertoldo tidak bisa menggunaka­n status kewarganeg­araan Timor Leste. ’’Kami tetap menghargai pemerintah Timor Leste. Jadi, Bertoldo harus menggunaka­n kewarganeg­araan yang lain, Brasil,’’ jelasnya. (ben/asa/c4/bas)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? TETAP NON-ASIA: Fellipe Bertoldo Do Santos (kiri) meluapkan kegembiraa­n setelah Arema FC mengalahka­n PBFC di final Piala Presiden 2017 (12/3).
WAHYUDIN/JAWA POS TETAP NON-ASIA: Fellipe Bertoldo Do Santos (kiri) meluapkan kegembiraa­n setelah Arema FC mengalahka­n PBFC di final Piala Presiden 2017 (12/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia