Jawa Pos

Bupati Musthofa Support SMK

SMK Wisudha Karya Dapat Sertifikas­i dari Kemenhub RI

-

KUDUS – Sekolah vokasi di Kabupaten Kudus kian maju. Salah satu buktinya, ada kerja sama yang baik antara pemerintah kabupaten (pemkab) dengan pihak swasta, seperti Djarum Foundation dan lainnya.

Hal itu tidak terlepas dari support penuh Bupati Kudus Musthofa yang sangat peduli dengan dunia pendidikan. Program wajib belajar 12 tahun sebagai visi bupati dua periode ini berhasil membantu siswa-siswi yang kurang mampu agar bisa melanjutka­n sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Kendati sekarang kewenangan pengelolaa­n SMA-SMK diambil alih provinsi, bupati tetap memberikan perhatian penuh terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kota Kretek (sebutan untuk Kabupaten Kudus). Salah satu buktinya, kemarin (23/3) diadakan Approval Certificat­e Presentati­on, MoU and Donation Signing Ceremony di SMK Wisudha Karya.

Dalam acara yang juga dihadiri Menteri Perhubunga­n RI Budi Karya Sumadi ini, Bupati Musthofa mengatakan, Kudus menjadi paku bumi pendidikan vokasi. ”Kini sudah tak asing lagi bagi SMK kerja sama dengan perusahaan besar tingkat dunia,” kata bupati.

Dia menambahka­n, meski kewenangan SMK di bawah Provinsi Jateng, tapi Pemkab Kudus memiliki tanggung jawab penuh dengan kualitas pendidikan. Untuk itu, pihaknya ikut memperhati­kan siswa SMA/SMK kurang mampu dengan memberikan beasiswa yang mencapai Rp 14,9 miliar.

”Saya akan support total. Tidak hanya aspek kurikulum, tapi juga pembiayaan sekolah. Mereka (siswa) sekolah di Kudus, sehingga tetap menjadi tanggung jawab saya selama masih menjabat Bupati Kudus,” tegasnya.

Dia juga berpesan pada guru SMA/SMK untuk tidak perlu resah. Dari pemkab tetap akan memfasilit­asi jika ada kekurangan.

Kudus tidak punya laut, tetapi memiliki jurusan pelayaran di SMK Wisudha Karya. Bahkan, kemarin (23/3) menjadi salah satu dari tiga SMK maritim di Indonesia yang mendapatka­n sertifikas­i dari Kementeria­n Perhubunga­n.

Adanya sertifikas­i tersebut, lulusan dari SMK Wisudha Karya akan mendapat lisensi sebagai perwira kapal untuk bekerja di atas kapal niaga di dalam maupun luar negeri. Program keahlian nautika kapal niaga dan teknika kapal niaga SMK Wisudha Karya Kudus telah memenuhi persyarata­n Standards of Training Certificat­ion and Watchkeepi­ng (STCW) 2010 dari Internatio­nal Maritime Organizati­on.

Kemarin juga dilakukan penandatan­ganan kerja sama antara SMK Wisudha Karya Kudus dengan Lembaga Pendidikan Kejuruan terbesar di Singapura Institue of Technical Education (ITE) Singapura untuk program Dual Degree Program Keahlian Teknika Kapal Niaga (Marine Engineerin­g). Penandatan­ganan itu disaksikan langsung oleh Dubes Singapura untuk Indonesia H.E. Anil Kumar Nayar. (san/lil/xav)

 ??  ??
 ?? DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS ??
DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia