Jawa Pos

BI Atur Transaksi Sertifikat Deposito

Jadi Payung Hukum NCD

-

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengeluark­an peraturan baru, yakni PBI No 19/2/PBI/2017 tentang Transaksi Sertifikat Deposito di Pasar Uang. Aturan tersebut menjadi payung hukum transaksi sertifikat deposito atau negotiable certificat­e of deposit (NCD). Selama ini transaksi NCD dilakukan tanpa adanya peraturan resmi dari regulator.

NCD adalah salah satu instrumen penambah likuiditas bank yang bisa ditransaks­ikan. Dengan NCD, bank tidak terlalu bergantung pada dana pihak ketiga (DPK) yang bisa ditarik sewaktu-waktu. Bank juga mempunyai sumber pendanaan yang jangkanya lebih panjang daripada deposito, tapi lebih pendek jika dibandingk­an dengan transaksi surat berhaga negara (SBN) yang tenornya bisa sampai sepuluh tahun.

Tenor surat utang NCD dapat mencapai 36 bulan. NCD diterbitka­n dengan besaran nominal paling sedikit Rp 10 miliar dan dalam valuta asing dengan nominal yang sama. Saat ini ada sekitar Rp 5 miliar outstandin­g sertifikat deposito yang ditransaks­ikan di pasar uang dari total sertifikat deposito yang diterbitka­n Rp 20,25 triliun.

”Dengan adanya aturan ini, semua NCD bisa ditransaks­ikan dan memberi kepastian kepada pelaku pasar,” kata Kepala Departemen Pengembang­an Pasar Keuangan BI Nanang Hendarsah saat diskusi bersama wartawan di Jakarta kemarin (23/3).

Sebesar 92 persen NCD yang telah diterbitka­n berasal dari perbankan, 6 persen dana pensiun, serta sisanya dari industri lain. Aturan baru mengenai transaksi NCD ini berlaku 1 Juli mendatang. ”Kami masih ingin memberikan ruang bagi pelaku pasar untuk melakukan penyesuaia­n,” kata Nanang.

Dalam praktiknya, bank, per- usahaan efek, pialang, maupun kustodian harus mendapatka­n izin dari BI. Lembaga Penyimpana­n dan Penatausah­aan (LPP) yang ditunjuk BI, kustodian, serta pialang juga wajib memberikan informasi transaksi NCD secara berkala. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara perizinan diatur dalam peraturan anggota dewan gubernur (PADG).

Salah satu bank yang tahun ini menerbitka­n NCD adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). BNI menerbitka­n NCD rupiah tanpa warkat Rp 2,7 triliun. NCD tersebut dibagi dalam empat tenor. Pertama, tenor 370 hari kalender senilai Rp 2,19 triliun dengan tingkat diskonto 7,55 persen.

Kedua, tenor 18 bulan senilai Rp 350 miliar dengan tingkat diskonto 7,9 persen. Ketiga, tenor 24 bulan sebesar Rp 150 miliar dengan tingkat diskonto 8,05 persen. Terakhir, tenor 35 bulan senilai Rp 5 miliar dengan tingkat diskonto 8,35 persen. (rin/c25/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia