Jawa Pos

Honda Kukuhkan Dominasi Sedan

-

SURABAYA – Honda cukup agresif menggeber penjualan tahun ini dengan merilis beberapa varian baru. Misalnya, New Honda Mobilio, All New Honda Odyssey, dan terbaru New Honda City ke pasar Jawa Timur.

Marketing and After Sales Service Director Honda Surabaya Center Wendy Miharja menyatakan, Honda City merupakan model mini sedan terlaris di Indonesia. ”Sejak diluncurka­n pada 1996, kendaraan ini telah terjual hingga 69.051 unit hingga Februari 2017,” katanya saat peluncuran New Honda City di Pakuwon Mall, Surabaya, kemarin (23/3). Generasi keempat Honda City tersebut mengisi pasar mini sedan.

Secara nasional, penjualan mini sedan mengalami penurunan tipis pada 2017. Berdasar data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) pada Januari, total penjualan mini sedan mencapai 176 unit. Sedangkan pada Februari angka tersebut turun menjadi 128 unit. Menurut dia, pasar segmen tersebut tetap ada. ”Lagi pula dari awal Honda dikenal dengan produk sedannya. Kami tidak ingin ke- hilangan itu,” ujarnya.

Secara nasional, di kelas sedan, penjualan Honda menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 28,09 persen. Di posisi pertama ada Toyota dengan pangsa pasar 43,57 persen. Lalu, ada Mercedes Benz dengan pangsa pasar 16,73 persen dan BMW 9,99 persen. Meski begitu, di Jawa Timur, Honda berhasil menjadi penguasa pasar sedan dengan pangsa pasar 41,9 persen per Februari 2017.

Di segmen mini sedan, Honda City berhasil menang mutlak dengan pangsa pasar mencapai 81,25 persen per Februari 2017. Adanya varian terbaru tersebut membuat HSC optimistis mampu mengukuhka­n dominasi di pasar sedan dengan angka pangsa pasar 50 persen pada tahun ini.

New Honda City melakukan perubahan di bagian eksterior dan beberapa sisi interior. Di jantung pacu, New Honda City mengaplika­sikan mesin 1.5L SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimum 12 0PS pada 6600 rpm dan torsi maksimum 14.8 kg.m pada 4600 rpm, terbesar di kelasnya. (vir/c21/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia