Jawa Pos

Commonweal­th Fokus Garap Kelas Menengah

-

SURABAYA – PT Commonweal­th Life gencar melakukan penetrasi pasar asuransi di Jawa Timur. Mereka membidik segmen kelas menengah melalui layanan asuransi dan investasi untuk kesehatan, pensiun, dan pendidikan.

Presiden Direktur Commonweal­th Life Elvis Liongosari menyatakan, pihaknya memiliki basis pasar yang jelas karena jumlah nasabah Bank Commonweal­th di Indonesia saat ini mencapai 500 ribu orang. Sekitar 30 persen di antaranya berada di Jawa Timur.

”Semua nasabah tersebut bisa menjadi pasar yang potensial bagi kami karena memang kelasnya menengah ke atas,’’ kata Elvis kemarin (23/3).

Produk yang ditawarkan Commonweal­th pada awal tahun ini adalah Maxiwealth Link, COMM Classy Care, dan COMM Extra Care. ’’Dari Januari ke Februari, jumlah peminatnya naik 20–30 persen,’’ jelasnya.

Asuransi pensiun menjadi salah satu pasar potensial bagi Commonweal­th Life lantaran hanya 2 persen pekerja di Indonesia yang memiliki program jaminan pensiun. ’’Pendidikan juga menjadi pasar yang cukup penting. Terutama bagi keluarga muda untuk mempersiap­kan dana pendidikan bagi anak mereka,’’ paparnya.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) 2014, tutur Elvis, dana pendidikan naik 10 persen per tahun. Jika hanya mengandalk­an tabungan, dana tidak terkejar lantaran bunga perbankan saat ini tidak sampai 10 persen.

Demikian pula dana kesehatan yang terus meningkat setiap tahun. Asuransi kesehatan yang ditawarkan Commonweal­th juga diterima di negara-negara ASEAN dan Australia.

Region Head Jawa Timur Bank Commonweal­th Vivi Wulansari menambahka­n, fasilitas itu menjadi keunggulan karena mayoritas nasabah Commonweal­th di Jatim tidak hanya berobat di dalam negeri, tetapi juga Singapura dan Malaysia.

Pada tahun lalu, Commonweal­th Life mencatat pendapatan premi Rp 1,824 triliun. Tahun ini jumlah premi ditargetka­n tumbuh 10–20 persen. rance juga berkontrib­usi 40 persen, sisanya 60 persen berasal dari agen. (vir/c7/noe)

 ??  ?? bonds holder rating) rating investment grade. Bancassu-
bonds holder rating) rating investment grade. Bancassu-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia