Jawa Pos

Bali Jadi Destinasi Wisata Favorit Dunia

-

JAKARTA – Eksotisme Nusantara kembali berhasil menawan hati para pelancong dunia. Buktinya, Bali berhasil memuncaki daftar destinasi terbaik dunia pilihan pelancong (The World’s Best Des tination with Travelers Choice) versi TripAdviso­r, situs travel terkemuka dunia.

Pulau Dewata berhasil mengunggul­i tempat-tempat eksotis lainnya di jagat ini. Persis di bawah Bali, destinasi pilihan traveler adalah London. Kemudian disusul Paris, Roma, New York, dan Pulau Kreta di Yunani. Setelah itu, ada Barcelona di Spanyol, Siem Reap (Kamboja), Praha (Republik Ceko), dan terakhir di urutan kesepuluh ada Phuket (Thailand).

Sementara itu, di tingkat Asia, Indonesia mengirim dua destinasi wisata di jajaran top ten. Setelah Bali, urutan berikutnya adalah Siem Reap (Kamboja), Phuket (Thailand), Hoi An (Vietnam), Kathmandu (Nepal), Hanoi (Vietnam), Ko Samui (Thailand), Bangkok (Thailand), Lombok (Indonesia), dan Tokyo (Jepang).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, Indonesia menyampaik­an terima kasih kepada tra- velers dari penjuru dunia atas penilaiann­ya terhadap Bali dan Lombok. ’’Dengan penilaian yang positif itu, Bali memang layak menjadi destinasi wisata terbaik di dunia,’’ jelasnya setelah menerima penghargaa­n dari TripAdviso­r di Bali Rabu (22/3).

Arief bersyukur Bali mampu mengunggul­i destinasi yang selama ini menjadi ikon wisata global seperti London dan Paris. Dia mengungkap­kan, penghargaa­n itu akan memperkuat kepercayaa­n diri Indonesia untuk mempercepa­t pembanguna­n pariwisata sebagai leading sector dan core economy bangsa. Arief juga menaruh perhatian terhadap prestasi yang diraih Lombok. ”Lombok akan terus didorong sebagai ikon wisata halal,” ujarnya.

Mantan bos PT Telkom itu menjelaska­n, setiap komentar positif wisatawan yang diunggah di TripAdviso­r sangat penting artinya. Sebab, apresiasi netizen di TripAdviso­r kepada suatu destinasi sudah hampir dipastikan dapat memengaruh­i pelancong lain untuk datang. Di kalangan traveler, TripAdviso­r sudah menjadi ”kiblat” untuk pelesiran. (wan/c10/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia