Jawa Pos

Arema Segera Datangkan Pengganti Bertoldo

-

MALANG – Arema FC bergerak cepat untuk mencari pengganti Felipe Bertoldo. Dalam waktu dekat, manajemen mendatangk­an pemain asing Asia untuk menggantik­an Bertoldo yang terlilit permasalah­an paspor palsu.

’’ Tunggulah. Posisi pemain ini berbeda dengan Bertoldo. Dia bek tengah sekaligus gelandang bertahan. Mungkin Rabu mendatang ( 29/ 3) baru ke Indonesia,” kata General Manager Arema FC Ruddy Widodo kepada Jawa Pos Radar Malang kemarin ( 23/ 3).

Sebagaiman­a diberitaka­n, pemain bernama lengkap Felipe Bertoldo dos Santos itu mendapat sanksi dari Konfederas­i Sepak Bola Asia ( AFC). Dia adalah satu di antara sembilan pemain Brasil yang memakai paspor Timor Leste secara tidak sah. Karena itu, AFC mengumumka­n putusan yang menegaskan bahwa sembilan pemain tersebut dilarang terlibat kompetisi apa pun dalam kapasitas sebagai warga Timor Leste.

Karena keputusan itu, Arema FC tidak melanjutka­n kontrak Bertoldo. Dalam salah satu item kontrak, ada yang menyebutka­n bahwa kontrak otomatis batal jika Bertoldo tersangkut masalah paspor. Item kontrak tersebut, tampaknya, dibuat karena sebelumnya ada informasi bahwa paspor Bertoldo bermasalah.

Meski tak bisa meneruskan karirnya di Arema FC, Bertoldo masih ikut berlatih dengan tim asuhan Aji Santoso itu di lapangan Arhanud, Kota Batu, kemarin. Dia tampak antusias mengikuti latihan yang hanya dipimpin asisten pelatih Joko ’’Gethuk” Susilo tersebut.

’’Saya kaget mengetahui berita itu. Belum ada konfirmasi langsung, baik dari Timor Leste maupun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI),” ujarnya setelah latihan.

Bertoldo menuturkan, dulu dirinya ditawari kewarganeg­araan. Tapi, dia tak menyebutka­n pihak mana yang menawariny­a. ’’ Yang pasti, saya terima tawaran jadi warga Timor Leste,” ucapnya.

Sementara itu, Ruddy mengaku menemui Bertoldo kemarin siang untuk membahas masalah kontrak. Ruddy melanjutka­n, karir Bertoldo di Indonesia tidak sepenuhnya tamat.

’’Saya sudah dihubungi beberapa klub yang ingin menggunaka­n Bertoldo. Sebab, dia masih bisa kembali ke Indonesia dengan paspor Brasil, negara asalnya,” jelasnya.

Meski kurang gesit di lapangan karena terlalu gemuk, Bertoldo punya skill tinggi dan akurasi umpan yang bagus. Terbukti, sudah ada empat klub yang berminat merekrutny­a dengan paspor Brasil. Berdasar informasi, salah satunya adalah Persela Lamongan, klub asal Jawa Timur.

Sebelumnya, Arema FC memang mengontrak Bertoldo untuk mengisi slot pemain asing Asia. Sebab, kuota pemain asing non- Asia telah diisi Esteban Vizcarra dan Arthur Cunha da Rocha.

Di sisi lain, Aji Santoso menyesalka­n terdepakny­a Bertoldo. Menurut dia, kualitas permainan Bertoldo bagus dan mulai padu dengan tim. (viq/c2/riq/c18/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia