Jawa Pos

Banyuwangi Host Kejuaraan BMX Internasio­nal

-

SURABAYA – Jatim akan menjadi tuan rumah kejuaraan BMX internasio­nal yang digelar pada 22–23 April 2017. Kejuaraan tersebut akan dihelat di sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi. Kejuaraan yang bertajuk Banyuwangi Internatio­nal BMX itu juga teregistra­si dalam induk olahraga balap sepeda dunia, Union Cycliste Internatio­nale (UCI).

Menurut pelatih puslatda BMX Jatim Benny Setiawan, kejuaraan tersebut sekaligus menjadi ajang bagi Pengprov ISSI Jatim untuk memantau atlet yang akan dipilih bergabung di tim puslatda Jatim proyeksi PON XX/2020 Papua. ”Dari hasil kejuaraan itu, akan bisa dilihat mana atlet yang berpotensi dan layak masuk puslatda yang dimulai 1 Juli mendatang,” kata Benny.

Atlet BMX terbaik dari berbagai negara dipastikan akan turut ambil bagian dalam Banyuwangi Internasio­nal BMX 2017. Persaingan dalam kejuaraan tersebut juga dipastikan berlangsun­g ketat.

Sebab, kejuaraan yang kali kedua digelar di Banyuwangi itu akan menjadi ajang para pembalap dari negara- negara Asia Tenggara untuk mengukur kemampuan mereka sebelum perhelatan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Salah satunya yang turun adalah atlet BMX nasional Toni Syarifudin.

Toni merupakan atlet BMX pertama sekaligus satu-satunya yang mewakili Indonesia pada ajang akbar Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, tahun lalu. Atlet asal Solo tersebut kini telah berada di Banyuwangi untuk berlatih. ”Sekarang program latihan sudah masuk ke strength (kekuatan, Red),” katanya.

Toni yang bertekad meraih medali emas pada SEA Games 2017 di Malaysia menjadikan agenda itu sebagai ajang uji coba. Dalam kompetisi tersebut, Toni mematok target emas. Begitu pula atlet BMX nasional putri Elga Kharisma Novanda yang turun dalam kejuaraan itu. (nes/c24/ady)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? AGENDA RUTIN: Para pembalap berlomba di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi. Sirkuit tersebut sudah berpengala­man menggelar ajang dengan level nasional dan internasio­nal.
BOY SLAMET/JAWA POS AGENDA RUTIN: Para pembalap berlomba di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi. Sirkuit tersebut sudah berpengala­man menggelar ajang dengan level nasional dan internasio­nal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia