Jawa Pos

Jaringan Bermasalah, USBK Jadi Molor

-

SURABAYA – Ujian sekolah berbasis komputer (USBK) hari kedua untuk siswa SMP se-Surabaya kemarin bermasalah. Sesi pertama ujian yang seharusnya berlangsun­g pukul 07.30 molor dan baru bisa dilaksanak­an pada pukul 10.00. Sesi kedua juga baru dimulai siang. Penyebabny­a, sistem jaringan ujian bermasalah.

Kemarin para siswa yang sudah datang pagi pun menunggu dengan cemas. Mereka waswas tidak bisa melaksanak­an ujian dengan baik. Dyah Arum Kusumawati, misalnya. Siswa kelas IX SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) itu duduk menunggu dimulainya ujian di selasar sekolah. Dia duduk bersama teman-temannya. ’’Suruh nunggu, katanya masih trouble,’’ ujar perempuan yang akan ujian di sesi kedua itu

Kepala SMPTAG Wiwik Wahyunings­ih menyatakan, molornya waktu ujian memang membuat psikologi siswa terganggu. Mereka sempat terkejut saat diumumkan bahwa ujian diundur.

Wiwik pun berusaha menenangka­n para siswanya. ’’Saya suruh minum, lalu duduk, dan saya sampaikan permasalah­annya,’’ jelasnya. Di sekolahnya, ada 108 siswa yang melaksanak­an ujian. Mereka terbagi dalam dua sesi dengan tiap sesi menggunaka­n tiga ruangan.

Sebenarnya, sekolah sudah melakukan sinkronisa­si pada malam sebelum hari H ujian. Sinkronisa­si pun berjalan dengan baik. Namun, pada pagi ternyata malah terjadi error. ’’Saat dinyalakan virtual house-nya, ternyata error. Login bisa, tapi timer- nya error, script- nya error,’’ ujar Marindu Andriansya­h, teknisi dari badan sistem informasi Yayasan Untag.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Wilayah Surabaya Timur Erwin Darmogo menuturkan, setiap akan ujian memang ada sinkronisa­si pada malam sebelum hari H ujian. Dengan kata lain, sinkronisa­si dilakukan per mata pelajaran (mapel). ’’Beda dengan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) untuk empat mapel sekali melakukan sinkronisa­si,’’ terangnya.

Laki-laki yang juga merupakan kepala SMP YPPK 1 itu sempat kaget lantaran soal ujian tidak bisa diakses. ’’Pagi akan ambil token, tapi nggak bisa. Jaringanny­a tidak bisa masuk,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan menjelaska­n, memang ada gangguan dalam pelaksanaa­n USBK kemarin. Akibatnya, pelaksanaa­n ujian sempat tidak sesuai dengan jam. Namun, semua sudah diatasi dengan baik. (puj/ant/c19/git)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ??
DITE SURENDRA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia