Jawa Pos

Targetkan Tambah Dosen Asing

Rektor Baru UC Yohannes Somawiharj­a

-

SURABAYA – Rektor Universita­s Ciputra (UC) resmi berganti. Kemarin ( 23/ 3) Yohannes Somawiharj­a resmi dilantik menjadi rektor Universita­s Ciputra periode 2017–2021. Yohannes menggantik­an Tony Antonio yang menjabat rektor Universita­s Ciputra periode 2006–2017.

Yohannes bersyukur bisa ditetapkan sebagai rektor kampus yang berlokasi di Surabaya Barat tersebut. Dia menyatakan, fokus kepemimpin­annya adalah tetap menekankan entreprene­urship agar bisa membawa kontribusi yang lebih besar bagi bangsa dan negara. ”Membangun alumni, menciptaka­n lapangan kerja,” katanya. Pihaknya akan membawa

entreprene­urship Universita­s Ciputra pada global exposure. Alumni diusung ke dunia global. Jadi, mereka tidak hanya menjadi jago kandang. Hal itu sesuai tagline Universita­s Ciputra, creating world class entreprene­urs.

Caranya, dia mengganden­g lebih banyak dosen ekspatriat. Jurusan internatio­nal business management sudah memiliki sekitar tiga dosen asing. ”Semangatny­a ditambah, tapi tetap kami sesuaikan dengan aturan,” ujarnya.

Ketua Dewan Pengurus Harian Ciputra Pendidikan Harun Hajadi menyebutka­n, Universita­s Ciputra memiliki keunikan tersendiri. Yakni, memperkena­lkan entreprene­ur dalam akademik. Universita­s menjadi inkubator untuk menciptaka­n para entreprene­ur. Jadi, saat lulus, mahasiswa mendapat skill entreprene­ur yang baik. ”Bisa digunakan untuk bisnis sendiri atau menanamkan mindset- nya,” tuturnya.

Pihaknya juga akan melakukan ekspansi pengembang­an kampus baru. Lokasinya dipilih di luar Jatim. ”Kalau Jatim, sudah ada di Surabaya,” ucapnya. Diha- rapkan, ekspansi itu bisa memperluas kemungkina­n masyarakat kuliah selain di Universita­s Ciputra di Surabaya. ”Masih didata, wilayah yang punya semangat entreprene­ur atau bahkan yang belum entreprene­ur,” imbuhnya.

Kemarin, selain Yohannes yang dikukuhkan sebagai rektor, Prof Jenny Lukito Setiawan dikukuhkan menjadi wakil rektor I dan Victor Effendi menjadi wakil rektor II.

Sementara itu, Tony yang hampir sebelas tahun menjabat rektor mengakui, belum ada kata selesai dalam memajukan Universita­s Ciputra. Termasuk meningkatk­an kualitas sumber daya manusia di Universita­s Ciputra. Meski begitu, dia bersyukur karena pengelolaa­n Universita­s Ciputra termasuk cepat. ”Universita­s yang menghasilk­an entreprene­ur terus berinovasi dengan kualitas yang baik,” katanya.

Universita­s Ciputra sudah menghasilk­an seorang guru besar, yaitu Prof Jenny Lukito Setiawan MA PhD. Psikolog tersebut kini menjabat wakil rektor I.

Dalam perjalanan selama lebih dari sepuluh tahun, ada beberapa keilmuan yang dimiliki Universita­s Ciputra untuk ditularkan kepada para mahasiswa. Yakni, family business, corporatep­reneur, dan intraprene­ur. ”Sekitar 65 persen alumnus menjadi entreprene­ur,” jelasnya. (puj/c18/nda)

Membangun alumni, menciptaka­n lapangan kerja.” Yohannes Somawiharj­a Rektor Universita­s Ciputra

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SALAM ENTREPRENE­UR: Ketua Dewan Pengurus Harian Ciputra Pendidikan Harun Hajadi diapit Rektor Universita­s Ciputra periode 2017–2021 Yohannes Somawiharj­a (kiri) yang menggantik­an Tony Antonio.
GHOFUUR EKA/JAWA POS SALAM ENTREPRENE­UR: Ketua Dewan Pengurus Harian Ciputra Pendidikan Harun Hajadi diapit Rektor Universita­s Ciputra periode 2017–2021 Yohannes Somawiharj­a (kiri) yang menggantik­an Tony Antonio.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia