Jawa Pos

Fasilitasi dan Dukung Stakeholde­rs Ekonomi

Kabupaten Gresik berpotensi menjadi mercusuar pertumbuha­n ekonomi di Indonesia. Syaratnya, trengginas dalam merespons perubahan serta melakukan terobosan.

- (ris/yad/c7/ roz)

BANYAK potensi yang mampu menopang pertumbuha­n ekonomi Gresik. Misalnya, industri manufaktur. Perluasan jaringan distribusi dan penciptaan iklim positif untuk investasi perlu terus dimaksimal­kan. Menurut Bupati Sambari Halim Radianto, Pelabuhan Java Integrated Industrial Port and Estate ( JIIPE) akan menjadi penopang jalur distribusi industri yang mendunia.

”Kami yakin pertumbuha­n ekonomi di Gresik maupun Jatim makin pesat,” kata Sambari saat menjadi keynote speakers diskusi bertajuk Gresik sebagai Mercusuar Pertumbuha­n Ekonomi di Indonesia di Wisma Kebomas, PT Petrokimia Gresik, Rabu (22/3).

Sebelum ada JIIPE, lanjut dia, pesatnya Sambari meyakini bahwa keberadaan JIIPE sangat vital. Bukan hanya sebagai kawasan industri baru, pelabuhan itu bisa menjadi pusat distribusi barang-jasa di Gresik.

Selain akses distribusi, yang harus dimaksimal­kan adalah fasilitas pemerintah untuk pelaku dunia usaha. Caranya, lewat regulasi yang mudah bagi pengusaha. Salah satunya terkait perizinan. Itu akan menyejukka­n iklim investasi di Kota Pudak. Saat ini, sedikitnya ada 1.833 perusahaan yang beroperasi. Tingginya aktivitas industri tersebut menjadi penopang perekonomi­an Gresik.

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijan­to berpendapa­t, Kabupaten Gresik punya potensi untuk menjadi mercusuar pertumbuha­n ekonomi di Indonesia. Tinggal bagaimana mengoptima­lkan potensi itu. Selama 25 tahun Petrokimia masuk ke Gresik, pertumbuha­n ekonomi Gresik luar biasa.

Nugroho mencontohk­an, pola distribusi produksi semakin baik. Antrean kendaraan tidak seperti dulu lagi. Petrokimia tidak menemui kesulitan, baik maintenanc­e maupun transporta­si. Itu merupakan motor penggerak ekonomi dan bisnis. Yang penting, lanjut dia, ialah mengimbang­kan dan mendukung kepentinga­n stakeholde­rs ekonomi.

”Kami berterima kasih kepada pemkab yang tidak putus-putusnya. Kami sangat terbantu. Perizinan sekarang menyatu. Kalau ada sesuatunya, itu proses,” papar Nugroho.

Petrokimia sangat terbuka dengan semua mitra bisnis. Petro juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Gresik dan sekitarnya untuk membantu anak-anak didik. Petro punya pelatihan keterampil­an, tempat magang, agar lulusan sekolah siap pakai masuk dunia industri. Itu bentuk

 ??  ?? Bupati Sambari Halim Radianto
Bupati Sambari Halim Radianto
 ??  ?? link and match. Dirut PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijan­to
link and match. Dirut PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijan­to

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia