Jawa Pos

KA Barang Jadi Bidikan Pengusaha

-

GRESIK – Berfungsin­ya Stasiun Indro, Gresik, dinilai menguntung­kan para pengusaha. Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Gresik Lailatul Qodri menuyataka­n,kan, ada nilai lebih daripada menggunaka­n jalan raya maupunupun laut. ”Kereta api memiliki kepastian waktu. Berbedaeda dengan truk atau kapal,” ujarnya.

Pengoperas­ian kembali Stasiun Indro tergolong baru. Belum banyak pengusaha yang menggunaka­n jasa tersebut. Namun, Qodri yakin pengusaha perlahan akann melirik layanan itu untuk distribusi barang antardaera­h.h.

Salah satu kereta barang yang beroperasi di Stasiun Indro adalah Richmount Northern Expresss (RNE) 2. Kereta tersebut melayani rute Gresik– Purwakarta–Bandung. Sekali jalan, kereta itu membawa 20 gerbong. Kapasitas berat yang diangkutku­t mencapai 840 ton atau setara dengan 40 TEUs (satuanuan berat untuk kontainer). Jarak tempuh yang mencapaipa­i 649 ribu kilometer ditempuh dalam waktu 14 jam.

Kepala Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmok­oko menyebutka­n, ada kereta lain yang beroperasi di stasiun tersebut. Yakni, KA Petikemas Indro Jakgudang yangang melayani rute Gresik–Jakarta. Kereta itu beroperasi­si selama tiga hari dalam seminggu. ” Yakni, Senin, Kamis, dan Sabtu,” ucapnya. Rata-rata okupansi kereta tersebuter­sebut penuh. Itu adalah bukti minat pengusaha menggunaka­nk jasa kereta. Mereka mempertimb­angkan aspek efisiensi dan penghemata­n biaya.

Gatut menambahka­n, peningkata­n layanan di bidang kereta api akan terus ditingkatk­an. Saat ini PT KAI Daop 8 terus memantau pertumbuha­n permintaan terhadap layanan tersebut. Hasil pemantauan itu menjadi dasar untuk mengembang­kan layanan serta memperluas pasar. Belum dipastikan apakah di stasiun tersebut akan dibuka layanan untuk penumpang. ”Saat ini masih berkonsent­rasi pada layanan industri. Sebab, permintaan pasar yang paling potensial dan menjanjika­n dari sektor itu,” tuturnya. (riq/c24/ai)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ??
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia