Jawa Pos

Vettel Bawa Ferrari Kalahkan Mercedes

Gina Menangi Seri Perdana di Australia

-

MELBOURNE – Musim ini sepertinya bakal menjadi momen pesta pora bagi penggemar Ferrari. Sebastian Vettel menunjukka­n tanda bakal menghabisi dominasi Mercedes. Dalam lomba perdana di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, kemarin, pembalap Jerman itu menjadi yang terdepan

Vettel mengalahka­n duo Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Bukan sekadar menang, melainkan menang nyaman. Setelah menyalip Hamilton ( pole sitter) pada lap ke-23, seusai pit stop pertama, Vettel melaju sendirian di depan. Hamilton dan Bottas berurutan menduduki peringkat kedua dan ketiga. Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, menduduki peringkat keempat. Lalu, driver muda sensasiona­l Max Verstappen (Red Bull-Renault) melengkapi lima besar.

”Semua orang di Ferrari bekerja sangat keras sepanjang musim dingin. Semuanya terbayar hari ini,” kata Vettel setelah lomba.

Vettel begitu bahagia atas kemenangan itu. Dia sampai melonjaklo­njak kegirangan begitu turun dari Gina. Itu adalah nama yang diberikan juara dunia empat kali tersebut kepada mobilnya musim ini. Vettel memang memiliki ke- biasaan memberikan nama perempuan untuk mobil-mobilnya setiap awal musim.

Jika melihat awal balapan di Sirkuit Albert Park, sepertinya Mercedes akan melanjutka­n dominasi. Masalah start yang dialami Mercedes sepanjang musim lalu tidak terjadi lagi. Hamilton dengan mulus menjaga posisi terdepanny­a hingga keluar dari tikungan pertama. Begitu juga Bottas yang mengamanka­n posisi di urutan ketiga dari ancaman Raikkonen.

Tapi, pace Hamilton tak begitu meyakinkan. Sampai lap ke-15, dia tak mampu menjauh dari Vettel. Jarak keduanya hanya terpisah 1,7 detik.

Awal bencana bagi Hamilton terjadi pada lap ke-18. Tim meminta dia masuk pit stop untuk kali pertama. Padahal, jaraknya dengan Vettel belum aman. Yakni 0,830 detik. Setelah mengganti ban dengan jenis soft, dia kembali ke trek di posisi kelima. Apes bagi pembalap Inggris tersebut. Sebab, posisi kelima berarti tepat di belakang bintang muda Red Bull yang terkenal sangat kuat dalam bertahan, Max Verstappen.

” Pit stop lebih awal itu memang perlu karena aku mengalami kesulitan dengan cengkerama­n ban yang sudah aus. Aku pit, kemudian terjebak di belakang satu mobil Red Bull,” jelas Hamilton mengenai keputusan tersebut.

Pada lap ke-22, Vettel masuk pit stop dengan jarak yang sangat nyaman di depan Bottas. Yakni 23,6 detik. Begitu keluar lagi ke trek, posisinya sebagai pimpinan lomba tetap aman. Posisi tersebut bertahan hingga akhir lomba, saat Vettel melintasi garis finis 9,975 detik di depan Hamilton.

Kemenangan Ferrari menjadi pertanda baik untuk membuka musim balap 2017 yang lebih seru. ”Ini hanya masalah waktu. Kami kembali ke jalur kemenangan. Mendengar lagu kebangsaan Italia di atas podium terasa menggetark­an,” ungkap Presiden Ferrari Sergio Marchionne sebagaiman­a dilansir Austosport. (cak/c11/ang)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia