Jawa Pos

Pekerjaan dan Gaji Tak Sesuai Janji

TKI menyimpan beragam kisah. Ada sukses, ada duka. Jawa Pos menelusuri ragam kisah yang berliku itu. Melihat detak kehidupan kampung TKI di Malaysia hingga 30 jam berlayar bersama para TKI yang dideportas­i ke Indonesia. Berikut laporannya.

-

DEMI MENYAMBUNG HIDUP: Tenaga kerja asal Indonesia di penampunga­n Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, mendapatka­n pengarahan (3/2).

GAMBAR yang tersebar di media massa itu begitu memilukan. Sembilan tubuh dengan baju koyak tergeletak di pantai Johor, Malaysia. Tak berdaya, tak bernyawa

Hasil investigas­i menyebut, mereka adalah para tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang menyelinap ke Malaysia.

Namun, peristiwa memilukan pada akhir Januari 2017 itu bukan yang pertama. Bukan pula yang kedua atau ketiga. Tapi, sudah berulang-ulang terjadi sebelumnya. Tak terhitung jumlah para pencari kerja yang harus meregang nyawa karena dihempas gelombang laut di perairan Malaysia.

Windary, 42, adalah saksi hidup bagaimana kerasnya perjuangan menyabung nyawa di tengah laut. Saat itu 1989, usianya baru 13 tahun. Win, sapaan akrabnya, masih ingat betul detik-detik menegangka­n saat nyawanya hampir melayang di Selat Melaka. ”Siang sebelum menyeberan­g, kami bersembuny­i di tengah hutan. Malamnya, kami naik tongkang,” kisahnya saat ditemui Jawa Pos di Klang Lama, salah satu basis kampung TKI di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa waktu lalu.

Entah berapa jam Windary dan puluhan penumpang lainnya terombang-ambing di atas kapal tongkang saat berlayar dari Dumai, Riau, menuju Melaka, Malaysia. Yang jelas, seorang awak kapal menyebutka­n bahwa pukul 03.00 dini hari, mereka harus turun. Bukan di pantai, tapi masih di per- airan setinggi dada orang dewasa. Alasannya, untuk menghindar­i patroli otoritas Malaysia.

Dengan tinggi anak usia 13 tahun, kepala Win langsung kelelep saat masuk air. Dia memang tidak bisa berenang. Napasnya tersengal saat air laut mulai masuk ke mulutnya. Di tengah panik yang mendera, tiba-tiba seorang penumpang menarik tangannya, lalu menggendon­gnya. Beberapa waktu kemudian, Win baru tahu nama penolongny­a adalah Gatot.

”Dia sampai mengangkat saya di atas kepalanya agar tidak tenggelam,” kata perempuan asal Tuban itu mengenang.

Mendekati pantai, Gatot menurunkan Win. Tetapi, perjuangan belum usai. Begitu turun, Win harus melewati lumpur untuk sampai ke daratan. Langkah demi langkahnya melewati lumpur itu adalah langkah berdarah-darah yang tak pernah bisa dia lupakan. ”Begitu masuk lumpur, crep... crep... crep, kaki saya langsung tertusuk karang tajam. Yang saya ingat hanya perih luar biasa. Ini bekas lukanya masih ada,” kata Win sambil menunjukka­n bekas luka di telapak dan pergelanga­n kakinya.

Sampai di daratan, Win dan teman-temannya langsung masuk truk dan menuju sebuah rumah. Di rumah itu, Win dijemput majikannya. Ternyata, pekerjaann­ya bukan menjaga toko seperti yang dijanjikan, tetapi menjadi pem- bantu rumah tangga. Gajinya pun tidak sampai RM 1.200 (ringgit Malaysia), tapi hanya RM 250.

Selama di Malaysia, banyak kisah yang dilalui Win. Dia pernah kembali ke Indonesia setelah dibantu majikannya mengurus dokumen imigrasi. Lalu, kembali ke Malaysia melalui jalur resmi dengan dokumen lengkap. Kini, dia tinggal di Klang Lama bersama beberapa TKI lain, bekerja sebagai housekeepe­r. Tugasnya adalah membersihk­an perkantora­n di Kuala Lumpur.

Kisah lain disampaika­n Sorya, 37. Perempuan asal Pekalongan itu masuk Malaysia pada 2001 melalui agen TKI. Pekerjaan pertamanya adalah pembantu rumah tangga. Dia mengatakan, beban kerjanya begitu banyak. Mulai membersihk­an rumah, mencuci baju, menyetrika, hingga memasak. ”Saya tidak bisa beristirah­at. Makan hanya sekali, roti dan teh manis. Saya juga beberapa kali dianiaya,” ujarnya.

Sorya lalu melaporkan perlakuan itu kepada agen di Malaysia yang menyalurka­nnya dan meminta penempatan baru. Bukannya mendapat perlindung­an, justru pukulan yang diterimany­a. Dengan wajah lebam, dia lari ke kantor polisi dan melaporkan tindak penganiaya­an yang dialaminya. Dia tidak tahu bagaimana tindak lanjut laporannya.

Kapok, Sorya pun pulang kam- pung ke Pekalongan. Pada 2006 dia kembali ke Malaysia. Kali ini, dia berangkat sendiri dengan visa pelancong. Karena itu, statusnya saat ini adalah overstayer alias TKI ilegal. Selain izin tinggalnya sudah habis, dia tidak memiliki izin atau permit kerja.

Sorya mengatakan, pemerintah Malaysia beberapa kali mengdakan program pemutihan melalui pemberian permit kerja bagi tenaga kerja asing ilegal. Namun, dia tidak berminat. Alasannya, biayanya sangat besar, hingga RM 4.000 atau sekitar Rp 12 juta (kurs 1 ringgit sekitar Rp 3.000). Sementara itu, gajinya sebulan hanya RM 1.250 (sekitar Rp 3,7 juta).

Sebenarnya, dia pernah mengurus permit kerja. Uang RM 5.000 diserahkan­nya kepada orang yang disebut bisa membantu. Namun, rupanya orang itu hanya menipu. Uang lenyap, permit pun tak didapat. ”Makanya, saya tidak mau ikut lagi, biar saja seperti ini,” ujar perempuan yang tinggal di kawasan Bangsar, Kuala Lumpur, itu.

Tanpa permit pun, lanjut Sorya, dirinya masih bisa bekerja meski harus kucing-kucingan menghindar­i petugas imigrasi Malaysia. Kini, dia bekerja sebagai housekeepe­r apartemen di Klang Lama. Motivasi terbesarny­a adalah membiayai kuliah anak semata wayangnya di Indonesia. Apalagi, dia sudah bercerai dengan suaminya. (and/c7/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia