Jawa Pos

Bawa Misi Besarkan Partai lewat Seni dan Budaya

Andika Maesa Setiawan atau yang akrab disapa Andika Kangen Band terjun ke dunia politik. Dia kini menjabat wakil ketua DPD Partai Demokrat Lampung. Apa tugas mantan vokalis itu di partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut? Tugas Baru A

-

PELANTIKAN pengurus DPD Partai Demokrat Lampung periode 2016– 2021, Minggu ( 19/ 3), terasa berbeda dengan periode sebelumnya. Sebab, salah seorang pengurus inti yang masuk daftar pelantikan adalah Andika, mantan vokalis Kangen Band. Dia ditunjuk sebagai wakil ketua DPD Partai Demokrat Lampung. Setelah dikukuhkan sebagai pengurus, Andika kini mulai aktif dalam sejumlah rapat di partai berlambang bintang Mercy tersebut.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung Fajrun Najah Ahmad (Fajar) mengatakan, dalam rapat terbatas pengurus Demokrat Lampung, Andika akan diikutsert­akan. ’’Andika nanti ikut rapat untuk melaksanak­an program partai. Salah satunya tentu mendukung kebijakan gubernur Lampung yang juga ketua DPD Partai Demokrat Lampung, khususnya dalam pengembang­an seni dan budaya,” kata Fajar.

Menurut dia, Andika dan musisi lain yang tergabung dalam Partai Demokrat akan bekerja sesuai bidang masingmasi­ng. ’’Sesuai dengan keahlian mereka, bidang seni pariwisata, pemuda, dan industri kreatif. Kiki sementara diplot sebagai koordinato­r bidang industri kreatif, Andika sebagai wakilnya di bidang yang sama,’’ tuturnya. Kiki yang dimaksud adalah Frans Rizki Aditya, musisi lokal asal Lampung, yang juga kawan Andika.

Pengurus DPD Partai Demokrat Lampung dilantik oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan di ballroom Novotel Bandar Lampung, Minggu. Pelantikan pengurus itu berdasar pada SK 81/SK/DPP.PD/DPD/VIII/2016 tentang susunan kepengurus­an DPD PD Lampung. Posisi ketua dijabat M. Ridho Ficardo. Fajrul Najah Ahmad menjadi sekretaris dan Yandri Nazir menjabat bendahara.

Sementara itu, Andika mengatakan tertarik bergabung dengan Partai Demokrat karena pernah bertemu SBY pada 2007. Dia kagum terhadap sosok SBY, baik semasa menjabat presiden maupun menjadi ketua umum Partai Demokrat.

Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukriyanto mengapresi­asi pelantikan Andika sebagai wakil ketua DPD Partai Demokrat Lampung yang membidangi seni dan budaya. Pengurus DPD Demokrat Lampung tentu punya alasan tersendiri merekrut Andika. Yang pasti, penyusunan struktur didasarkan pada kapasitas, kapabilita­s, serta kompetensi personifik­asi calon pengurus, selain komitmen dan loyalitas serta kesamaan platform yang diperjuang­kan Demokrat. ’’Kalau melihat rekam jejak Andika sebagai penggiat seni dan budaya, tentu itulah salah satu parameter yang mendudukka­n dia dalam kepengurus­an yang membidangi seni dan budaya,’’ kata Didik.

Dalam pidato pelantikan, Ridho berpesan kepada seluruh jajaran pengurus baru, termasuk Andika, untuk terus membangun dan membesarka­n partai hingga ke seluruh penjuru di Lampung. Dia juga mengajak pengurus bekerja sama dengan partai lain untuk membangun Lampung. ’’Partai Demokrat tidak pernah bermusuhan dengan parpol lain karena kami semua bersaudara dan memiliki tujuan yang sama untuk membangun dan membesarka­n Lampung,’’ ujarnya.

Sekjen DPP PD Hinca Panjaitan mengungkap­kan, tidak ada gunanya Partai Demokrat jika tidak bersama rakyat. Untuk itu, dengan panji-panji partai dan mars Demokrat, ke depan partai tersebut bisa selalu berjuang bersama rakyat. ’’Kibarkan yang tinggi selalu bendera dan panji partai hingga anak ranting atau bahkan sampai rumah-rumah warga,’’ tegasnya. (kyd/JPG/c7/agm)

 ?? INSTAGRAM ANDIKA KANGEN BAND ?? BERUBAH: Andika saat menjalani masa tahanan kasus kekerasan dalam rumah tangga terhadap istrinya di Lampung 7 Maret lalu. Foto kanan, Andika saat dilantik menjadi pengurus Partai Demokrat Lampung pada Minggu (19/3).
INSTAGRAM ANDIKA KANGEN BAND BERUBAH: Andika saat menjalani masa tahanan kasus kekerasan dalam rumah tangga terhadap istrinya di Lampung 7 Maret lalu. Foto kanan, Andika saat dilantik menjadi pengurus Partai Demokrat Lampung pada Minggu (19/3).
 ??  ?? WAHYU SYAIFULLAH/RADAR LAMPUNG
WAHYU SYAIFULLAH/RADAR LAMPUNG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia