Jawa Pos

Peritel Wajib Jual Gula Sesuai HET

-

SURABAYA – Peritel modern diwajibkan memasang harga jual gula sesuai dengan ketetapan harga eceran tertinggi (HET) per 1 April 2017. Sebelumnya, Kementeria­n Perdaganga­n menetapkan HET gula Rp 12.500 per kg.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey menyatakan, dengan adanya kebijakan tersebut, pemerintah yang diwakili Kemendag mengingink­an harga gula stabil. ’’Karena itu, HET Rp 12.500 per kg diminta juga berlaku di pasar modern,’’ ujarnya kemarin (28/3).

Dengan berlakunya HET tersebut, pasar modern diminta menyesuaik­an. Pasar modern juga tidak boleh mematok harga melebihi HET. Pemerintah tidak ingin fluktuasi harga gula terlalu tinggi. Sebab, harga gula pernah menyentuh Rp 16 ribu per kg.

Karena itu, ketika peritel modern diminta mengikuti HET, tentu harga yang diperoleh dari distributo­r harus di bawah Rp 12.500 per kg. Harga maksimal dari distributo­r sekitar Rp 11.000 per kg. Persoalann­ya terletak pada stok di gudang peritel yang telanjur didapatkan dengan harga tinggi. Rata-rata, para peritel memiliki stok untuk 30 hari ke depan. Bahkan, untuk kebutuhan hari raya, stok gula dipersiapk­an berbulan-bulan sebelumnya.

’’Untuk stok yang sudah ada, kami belum mendapatka­n arahan. Peritel tidak mungkin jual rugi,’’ jelasnya. Sangat memungkink­an para peritel memiliki stok gula yang harga modalnya mepet, bahkan di atas HET. Dengan begitu, pihaknya meminta ada jalan keluar dari pemerintah sehingga tidak ada peritel yang dirugikan.

’’Kalau dikembalik­an ke distributo­r, juga tidak mungkin. Apalagi kalau mereka tidak menerima opsi untuk pengembali­an,’’ ucapnya. Menurut dia, solusi atas hal itu cukup mendesak. Apalagi, peritel dibayangi sanksi apabila menjual di atas HET pada pekan depan.

Sanksi yang diberikan, antara lain, pemeriksaa­n terhadap toko, distributo­r, bahkan bisa sampai produsen. Pemeriksaa­n tersebut meliputi latar belakang masih tingginya harga gula hingga penjelasan tentang komponen pembentuk harga. (res/c22/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia