Jawa Pos

Siap Buka-bukaan soal Rusia

-

WASHINGTON – Melengkapi investigas­i yang sedang berjalan terkait kedekatan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Moskow, senat bakal menghadirk­an Jared Kushner. Senin waktu setempat (27/3), Gedung Putih mengumumka­n kesediaan suami Ivanka itu untuk menghadiri Dia akan berhadapan dengan panel Komite Intelijen Senat AS.

”Selama masa kampanye dan masa transisi, Jared Kushner men- jadi jembatan yang menghubung­kan (kubu Trump) dengan para pejabat pemerintah dan juga pemerintah asing. Terkait jabatan yang pernah dia pangku itu, Jared Kushner menyatakan kesanggupa­nnya untuk berbicara dengan komite yang diketuai (Richard) Burr tersebut,” terang Gedung Putih dalam pernyataan tertulis kepada media.

Burr yang menjabat chairman Komite Intelijen Senat AS adalah seorang politikus Partai Republik. Maka, kesediaan Kushner memenuhi panggilan senat untuk menjalani interogasi itu menjadi nilai plus bagi Republik. ”Ini bukti independen­si panel kami,” ungkap Burr dalam pernyataan tertulis yang juga diteken Senator Mark Warner dari Partai Demokrat.

Selain senat, investigas­i kedekatan Trump dan Rusia dilakukan House of Representa­tives (DPR AS) dan FBI. Namun, penyelidik­an senat dianggap yang terpenting. Apalagi, setelah ketua Komite Intelijen DPR kedapatan membocorka­n investigas­i kepada Trump. Devin Nunes, sang chairman, justru membrifing taipan 70 tahun itu tentang penyelidik­an yang sedang berlangsun­g. Keberpihak­an Nunes kepada Trump tersebut membuat publik kehilangan kepercayaa­n kepada mereka.( AFP/ Reuters/BBC/hep/c21/any)

 ??  ?? hearing. NBCNEWS SIAP BICARA: Jared Kushner akan memberikan keterangan di hadapan senat soal kaitan sang mertua, Donald Trump, dengan Rusia.
hearing. NBCNEWS SIAP BICARA: Jared Kushner akan memberikan keterangan di hadapan senat soal kaitan sang mertua, Donald Trump, dengan Rusia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia