Jawa Pos

Dua Pemancing Tenggelam, Satu Orang Tewas

-

SITUBONDO – Dua warga yang memancing di perairan di Desa Demung, Kecamatan Besuki, tenggelam kemarin (28/3). Satu orang berhasil diselamatk­an, sedangkan satunya ditemukan sudah tewas. Korban selamat bernama Sugik, 32, sedangkan yang meninggal Edy Sutrisno, 33.

Keduanya adalah warga Dusun Krajan, Desa Paku Besi, Kecamatan Curah Dami, Bondowoso. Warga tahu ada pemancing yang tenggelam sekitar pukul 11.00 kemarin.

Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo yang diwakili Koordinato­r Pusdalops Puriyono menyatakan, korban atas nama Sugik ditemukan seorang nelayan setempat dalam kondisi lemas. ’’Saat ini, dia masih dirawat di RSUD Besuki,’’ jelasnya.

Sementara itu, korban tewas baru ditemukan kemarin pada pukul 16.00. Puriyono menyebutka­n, mayat Edy ditemukan dalam keadaan mengambang di perairan di Desa Demung, Kecamatan Besuki.

Tim SAR gabungan melakukan pencarian sekitar pukul 13.00 kemarin dengan menggunaka­n satu perahu karet. Tim yang terdiri atas anggota BPBD, Polri, TNI, Tagana, dan Basarnas Jember itu melakukan penyisiran di sekitar pantai di Desa Demung. Sekitar empat jam kemudian, pencarian membuahkan hasil.

Puriyono mengakui, BPBD menerima informasi bahwa ada warga yang tenggelam beberapa saat setelah kejadian. Dia menyatakan, pihaknya langsung menuju ke lokasi. ’’Kami langsung berkoordin­asi dengan aparat desa, forkopimka setempat, serta pihakpihak terkait,’’ katanya.

Sugik, korban yang selamat, menjelaska­n, mereka terseret arus sungai di sebuah muara. Saat itu, keduanya hendak menyeberan­gi muara tersebut untuk menuju ke sisi sebelah barat. ’’Arusnya cukup deras sehingga saya langsung terseret,’’ ungkapnya.

Saat itu, Sugik berupaya menyelamat­kan diri dan berusaha sekuat tenaga berenang ke bibir muara. Dengan bersusah payah, Sugik berhasil keluar dari derasnya arus. ’’Saya sendiri sudah tidak kuat sehingga tidak bisa menyelamat­kan teman saya,’’ ucap Sugik.

Dia mengaku berangkat dari rumahnya di Bondowoso pada Senin (27/3) pukul 20.00. Kemudian, keduanya sampai di tempat memancing pukul 07.00. (bib/c23/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia