Jawa Pos

Jadi Warga Kehormatan Tengger

-

PASURUAN – Hari Raya Nyepi tahun ini terasa istimewa bagi Wagub Jatim Saifullah Yusuf. Sebab, pria yang akrab dipanggil Gus Ipul itu dinobatkan menjadi warga kehormatan dan pecalang suku Tengger pada saat Perayaan Nyepi dan Festival Ogoh-Ogoh di Lapangan Tlogosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (27/3).

Penobatan Saifullah Yusuf ditandai dengan penyematan udeng dan pemberian rompi pecalang. Penobatan tersebut merupakan bentuk penghargaa­n masyarakat suku Tengger agar selalu mengayomi dan melindungi masyarakat. ”Penobatan ini merupakan suatu kehormatan bagi saya,” ujarnya

Pada kesempatan itu, Wagub Jatim menuturkan peringatan Nyepi tahun ini bisa membawa kehidupan yang lebih baik. Kedekatan dengan Tuhan makin bertambah. Begitu juga dengan manusia serta alam. ”Peringatan Nyepi semoga menjauhkan dari hal jahat dan bencana,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyampaik­an, peringatan ogoh-ogoh suku Tengger merupakan agenda tah- unan dalam rangka memperinga­ti Hari Raya Nyepi. Sekaligus menjadi kebanggaan Kabupaten Pasuruan. ”Saya berharap tokoh masyarakat dan anak muda di Pasuruan selalu bangga dengan keberagama­n, saling menjaga keberagama­n, dan toleransi,” tuturnya.

Festival Ogoh-Ogoh di Lapangan Tlogosari tersebut diikuti sekitar 40 ogoh-ogoh dari Kecamatan Tosari. Ribuan masyarakat membanjiri Lapangan Tlogosari untuk melihat langsung perayaan Nyepi. Pasuruan memang menjadi salah satu kabupaten yang mulai menggeliat. Sejumlah festival adat maupun festival kegiatan menjadi agenda tahunan yang dikemas apik. (*/c24/ano)

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM ?? PECALANG: Saifullah Yusuf saat menerima penghargaa­n sebagai warga kehormatan dan pecalang di Lapangan Tlogosari, Pasuruan, Senin (27/3)
HUMAS PEMPROV JATIM PECALANG: Saifullah Yusuf saat menerima penghargaa­n sebagai warga kehormatan dan pecalang di Lapangan Tlogosari, Pasuruan, Senin (27/3)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia