Jawa Pos

Ventura Terinspira­si Sukses Jerman

Minta Kickoff Serie A Musim Depan Dimajukan

-

FLORENCE – Italia dan Spanyol sama-sama mengantong­i 13 poin di grup G kualifikas­i Piala Dunia 2018. Namun, Spanyol berhak bertengger di puncak karena unggul selisih gol. Nah, duel di Santiago Bernabeu pada 2 September mendatang merupakan momentum bagi Italia untuk menggusur Spanyol.

Nah, tuntutan harus menang atas Spanyol itulah yang kemudian memunculka­n ide untuk memajukan kickoff kompetisi Serie A musim 2017–2018. Ide tersebut dilontarka­n pelatih timnas Italia Gian Piero Ventura. Dia rupanya terinspira­si kesuksesan Jerman di Piala Dunia 2014. Saat itu Bundesliga memajukan jadwal kompetisi musim 2013–2014.

”Saya menyadari bahwa pada tahun Piala Dunia digelar, Bundesliga selalu dimulai empat pekan lebih awal daripada jadwal biasanya,” kata Ventura kepada Football Italia. ”Jadi, tak heran kalau Jerman selalu bisa kompetitif dalam turnamen itu (Piala Dunia, Red),” ujarnya. Masukan mantan pelatih Torino dan Pescara itu memang masuk akal. Jika dibandingk­an dengan liga elite Ero pa lainnya seperti Bundesliga, Ligue 1, La Liga, maupun Premier League, Serie A memang bergulir agak belakangan.

Tengok saja jadwal musim kompetisi 2016–2017. Ligue 1 dimulai 12 Agustus, La Liga 19 Agustus, dan Premier League 13 Agustus. Adapun Serie A baru kickoff pada 20 Agustus.

Bundesliga memang baru bergulir 26 Agustus. Namun, perlu dicatat, musim 2016–2017 bukan tahun Piala Dunia. Juga, jumlah klub di level teratas Jerman itu hanya 18. Alhasil, jumlah pertanding­an tiap klub Bundesliga dalam semusim ”cuma” 34. Masukan Ventura itu langsung mendapat respons dari FIGC. Presiden FIGC Carlo Tavecchio mengatakan, harus ada pengorbana­n soal jadwal turnamen yang dimajukan. Dia pun mengapungk­an wacana bahwa kompetisi Serie A musim 2017–2018 akan dimulai 13 Agustus. Dengan majunya jadwal, pemain masih sempat menjalani dua laga kompetisi sebelum bentrok dengan Spanyol di Santiago Bernabeu.

”Kami akan mencari kesepakata­n dengan klub-klub Serie A yang sudah menentukan tanggal tur musim panas mendatang. Kami berharap menemukan solusi yang menarik secara umum,” tambah Tavecchio.

Kickoff pada 13 Agustus memang dinilai janggal. Sebab, 15 Agustus diperingat­i kaum Katolik sebagai Ferragosto atau Hari Kenaikan Bunda Maria ke Surga.

Juga, dalam tradisi masyarakat Italia sejak era fasisme pada 1920-an, Ferragosto identik dengan liburan. Biasanya, saat Ferragosto, tanggal yang diambil buat liburan adalah 13, 14, dan 15 Agustus. Tavecchio mengatakan sudah mempertimb­angkan Ferragosto.

”Tentu saja kami wajib memikirkan Ferragosto juga. Sebab, seandainya kompetisi dimulai 15 Agutus, seluruh warga Italia berada entah di mana,” ucap Tavecchio. Sementara itu, seperti diberitaka­n SB

Nation, beberapa raksasa Italia seperti Juventus dan AS Roma sudah mengagenda­kan turnamen pramusim di Amerika Serikat. Pada 22 Juli, Juventus dijadwalka­n duel dengan Barcelona. Lalu, pada 26 Juli Juventus melawan Paris Saint-Germain (PSG). Empat hari kemudian menghadapi AS Roma.

Kemudian, Inter Milan dan AC Milan akan menjalani pramusim di kawasan Asia. Derby della Madonnina antara Inter melawan Milan berlangsun­g 24 Juli di Nanjing, Tiongkok. Lalu, laga Chelsea melawan Inter akan digulirkan di National Stadium, Singapura, pada 29 Juli. (dra/c11/bas)

 ?? MARCO BERTORELLO/AFP PHOTO ??
MARCO BERTORELLO/AFP PHOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia