Jawa Pos

Inginkan Kolaborasi Level Dunia

-

JAKARTA – Persib Bandung layak disebut sebagai Chelsea atau Manchester City- nya Liga 1. Klub kaya yang berani jor- joran mendatangk­an pemain bintang. Setelah Michael Essien dikontrak, kini pemain kelas dunia lainnya siap merapat ke klub berjuluk Maung Bandung itu.

Setelah bergabungn­ya Essien, Persib ibarat memiliki magnet. Daya tariknya meningkat di hadapan pemain level dunia. Teranyar, mereka sedang melakukan negosiasi dengan mantan pemain timnas Inggris Carlton Cole. Bahkan, striker berusia 33 tahun itu sudah berada di Jakarta saat ini.

Ya, Cole yang diorbitkan akademi Chelsea datang bersamaan dengan Essien dari London, Inggris, menggunaka­n pesawat Etihad Airways yang tiba di Jakarta pada Senin malam (27/3). Dia berada dalam naungan agen yang sama dengan Essien, Matheo.

Manajer Persib Umuh Muchtar saat dikonfirma­si memberikan isyarat bahwa Cole memang akan menjadi bagian dari skuad mereka mengarungi Liga 1. ’’Semua masih dalam tahap negosiasi. Sebab, kami juga masih harus melihat hasil tes medis dia (Cole, Red) terlebih dahulu,’’ kata Umuh.

Meski begitu, pria berusia 68 tahun itu menyatakan, pihaknya segera mengumumka­n Cole secara resmi menjadi bagian dari skuad Maung Bandung bersamaan dengan launching tim Persib yang rencananya dilakukan pada 2 April. ’’ Jadi, mungkin pada 1 April sudah ada beritanya,’’ ujar Umuh.

Dia juga mengungkap­kan, kedatangan Cole termasuk berkah bagi Persib menjelang kompetisi bergulir. Apalagi, dengan level kelas dunia, dia memiliki harga kontrak yang lebih murah ketimbang Essien. Mereka punya kolaborasi level dunia. Namun, Umuh enggan membeberka­n nilai kontrak yang digelontor­kan.

Awal Maret lalu, Umuh memang pernah mengatakan bahwa pihaknya sudah menyediaka­n total dana Rp 25 miliar untuk mendatangk­an mantan pemain terbaik dunia asal Brasil, Ronaldinho. Namun, karena buruan tersebut lepas, dana yang sudah mereka sediakan itu dialihkan untuk menggaet pemain lain.

Djadjang Nurdjaman, pelatih Persib, adalah salah seorang yang paling bahagia bila Cole benar-benar membubuhka­n tanda tangan di Persib. Sebab, dia sudah lama mengincar striker asing jangkung yang bisa berbagi peran dengan Sergio van Dijk. Apalagi, Van Dijk punya cedera kambuhan di lutut.

Selain itu, Shohei Matsunaga, striker asal Jepang, belum bisa membuktika­n ketajaman di lini depan. Dalam turnamen Piala Presiden 2017, Matsunaga hanya bisa menyumbang­kan sebiji gol bagi Persib. ’’ Saya memang sejak dulu membutuhka­n striker tambahan untuk bisa mendamping­i Van Dijk. Dan, Carlton Cole masuk dalam incaran kami,’’ kata Djadjang.

Pria yang akrab disapa Djanur itu menyebutka­n, Cole merupakan pemain berpengala­man level dunia karena pernah membela sederet klub Premier League seperti Chelsea dan West Ham United. ’’Cole kuat dan tinggi. Itu salah satu yang menjadi pertimbang­an kami,’’ ungkapnya.

Djanur tidak menampik kehadiran Essien serta Cole yang masih dalam tahap negosiasi itu dipastikan menambah ekspektasi Bobotoh kepada mereka. ’’Kami sebagai pelatih tinggal meramu untuk setiap pertanding­an di Liga 1 nanti. Tapi, bagi saya, ada Essien dan Cole atau tidak, target kami tetap juara dan bisa berkompeti­si di Asia,’’ harapnya. (ben/pra/jpg/c19/ham)

 ?? DAILY MAIL ?? BELUM HABIS: Mantan pemain timnas Inggris Carlton Cole sudah tiba di Jakarta dan sedang bernegosia­si dengan Persib Bandung.
DAILY MAIL BELUM HABIS: Mantan pemain timnas Inggris Carlton Cole sudah tiba di Jakarta dan sedang bernegosia­si dengan Persib Bandung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia