Jawa Pos

Bikin Penasaran Klub Liga 1

-

SURABAYA – Juara Dirgantara Cup dan atmosfer luar biasa di Gelora Bung Tomo dalam Homecoming Game melawan PSIS Semarang pada 19 Maret lalu membuat pamor Persebaya melesat. Boleh saja statusnya sebagai kontestan Liga 2, tapi reputasi itu bikin penasaran klub Liga 1.

Ya, tawaran untuk menjadi lawan dalam uji coba pramusim terus berdatanga­n kepada tim asuhan Iwan Setiawan tersebut. Bahkan, tim elite Liga 1 seperti Arema FC dan Sriwijaya FC begitu penasaran. Begitu pula dengan Mitra Kutai Kartanegar­a (Kukar) dan Persegres Gresik.

Kebetulan, Persebaya memang masih butuh tambahan uji coba, terutama dari tim yang levelnya berada di atas mereka. ’’Kami ingin menguji mental away para pemain. Pertanding­an melawan PSIS belum cukup,” kata Candra Wahyudi, direktur tim Persebaya, kemarin. Fans AS Roma itu mengungkap­kan, keputusan soal uji coba melawan tim Liga 1 baru bisa diambil setelah manager meeting Liga 2 besok. ’’Kami harus menunggu dulu kepastian jadwal pertanding­an pertama kami kapan dan regulasi seperti apa,’’ ucap Candra. Pelatih Persebaya Iwan Setiawan juga berpendapa­t senada. Saat ini fokus timnya adalah latihan control game di internal tim. ’’Pekan ini, kemungkina­n belum ada ( uji coba). Para pemain juga masih adaptasi (dengan taktik dari pelatih, Red) dan ada beberapa pemain lain yang absen karena beberapa kepentinga­n,” ujar Iwan, lalu mencontohk­an Rachmat Irianto yang masih menjalani seleksi timnas U-19. Di sisi lain, Mitra Kukar melalui direktur operasiona­lnya, Suwanto, mengaku tertarik beruji coba dengan Persebaya sebelum terjun di Liga 1 pada 15 April nanti. ’’Keinginan itu ( beruji coba dengan Persebaya) sudah lama kami rencanakan. Bahkan, sebelum Persebaya menjamu PSIS ( 19/ 3),” kata Suwanto kepada Jawa Pos kemarin (28/3).

Meski begitu, pria asal Kediri tersebut mengaku pesona pertanding­an bertajuk Homecoming Game itu kian membuat Mitra Kukar berambisi menjajal Persebaya. Dia juga tidak keberatan kalau nanti Persebaya yang bertandang ke Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Namun, kans itu terjadi masih

fifty-fifty. Sebab, sama dengan Persebaya, tim asuhan Jafri Sastra itu tengah mencari sarana tempa mental untuk pertanding­an tandang. Apalagi, mereka menargetka­n, setidaknya H-7 sebelum kickoff Liga 1, sudah steril dari uji coba dan fokus ke persiapan tim. (io/rid/c17/ham)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? TEMPA DIRI: Pelatih Persebaya Iwan Setiawan memberikan instruksi kepada pemain sebelum latihan decision position di Stadion Brawijaya, Surabaya, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS TEMPA DIRI: Pelatih Persebaya Iwan Setiawan memberikan instruksi kepada pemain sebelum latihan decision position di Stadion Brawijaya, Surabaya, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia