Jawa Pos

Intip Kode dari Alam

-

NGAKU deh siapa yang sering banget berekspekt­asi tentang cuaca? Padahal, udah jelas cuaca susah banget ditebak kayak perasaan. Padahal, kalau kamu peka dikit, sebenarnya alam udah sering kasih kode loh. Nah, Rifda Novitarani SSi, prakirawan Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) Indonesia, ngasih tahu prediksi cuaca yang terjadi beberapa bulan mendatang. (may/c14/ivm)

Ternyata cuaca yang lagi nggak bisa ditebak kapan hujan atau panas ini diprediksi BMKG sejak akhir 2016 loh. Yap, menurut BMKG, musim kemarau tahun ini diperkirak­an dimulai pada Mei–Juli 2017 di kebanyakan daerah di Indonesia. Nah, puncak kemarau akan dominan pada Juli hingga September dan kondisinya normal alias nggak seekstrem musim hujan kali ini.

Bukan tanpa dasar nih. Sebab, prediksi itu udah berdasar monitoring BMKG hingga awal Maret 2017 ini dengan kondisi sea

surface temperatur­e (SST) Indonesia yang netral. Selain itu, ada peluang El Nino yang rendah. Yakni, fenomena alam yang mengakibat­kan suhu permukaan air laut menurun sehingga curah hujan juga menurun. Dapat dikatakan kondisi musim kemarau pada Mei bakal normal. ’’Karena El Nino pada tahun ini cukup rendah, panasnya nggak terlalu menyengat. Makanya, serangan gelombang matahari juga nggak mungkin terjadi,’’ jelas Rifda.

Rifda menuturkan, meski cuaca kemarau nanti diprediksi secara umum normal, kita harus tetap waspada untuk menghemat sumber daya seperti air. Sebab, sejak tahun kemarin, jumlah air, terutama di NTT dan NTB, mengalami penurunan pada musim kemarau akibat tidak turunnya hujan. Karena itu, kita juga harus mulai mempersiap­kan diri.

Pssst, selain memprediks­i cuaca beberapa bulan mendatang, ada cara jitu nih mengamati cuaca dalam beberapa jam atau hari ke depan. Misalnya nih, kalau pada pagi hari kamu lihat awan kumulus atau awan yang bergerombo­l dan berbentuk seperti bunga kol berjajar rata dan tebal, bisa jadi itulah kode potensi hujan dalam 3–6 jam nanti. Saat siang hari pertanda hujan akan terlihat jika awan kumulus gelap atau berwarna dark grey. Kalau malam hari kamu merasa gerah karena nggak ada angin, berarti hujan bakal datang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia