Jawa Pos

Peluang Bisnis Ucapan Selamat

Atau kerajinan kayu biasanya berupa hiasan meja, furnitur, atau hiasan dinding. Tapi, lewat tangan Ivanli Irawan dan Maria Shintia, kayu disulap menjadi pelengkap hari spesial. Dua sahabat lulusan Internatio­nal Business Management Universita­s Ciputra itu

-

Wooden craft

topper SAAT hari spesial, umumnya kita menyampaik­an ucapan lewat greetings card alias kartu ucapan. Sayang, kartu ucapan sering kali dibuang atau dilupakan begitu saja. Ivanli dan Maria berinisiat­if membuat media ucapan yang lebih memorable. Tercetus ide membuat topper berbahan kertas

yang ditumpuk menjadi beberapa lapisan. Kemudian, mereka berinisiat­if menuangkan greetings lewat berbahan kayu. Topper tersebut dibentuk menjadi berisi greetings. Topper itu bisa digunakan untuk menghias cake atau diselipkan pada buket bunga. ’’Di Indonesia masih sangat jarang, padahal unik,’’ jelas Ivanli.

Teknik cutting yang digunakan tak sembaranga­n. Ivanli dan Maria memilih teknik laser cut. ’’Hasilnya perfect, halus, dan detail,’’ jelas Ivanli saat ditemui di showcase unit Graha Golf Surabaya.

Sebelum sampai ke tahap laser cut, Ivanli dan Maria membuat desain secara manual. Setelah sketching tangan, desain disempurna­kan melalui komputer. Baru kemudian diaplikasi­kan di atas lembaran kayu untuk dipotong dengan teknik laser cut.

Ivanli menjelaska­n, ucapan yang ingin ditulis pada topper itu menyesuaik­an pesanan pelanggan. Paling susah kalau yang diminta tulisan dengan aksara Tionghoa. ”Susah memang, tapi kita bisa loh membuatnya,’’ jelas Ivanli.

Parcelé, nama usaha mereka, juga menyediaka­n gift box. Yang bikin spesial, di bagian atas gift box tersebut terukir greetings dan nama penerima. Biasanya, gift box itu digunakan sebagai tempat kado, flower box, maupun parsel. Ivanli dan Maria mengungkap­kan, pesanan mereka ramai menjelang hari-hari spesial. Misalnya hari Natal, Valentine, atau tahun baru Imlek. ’’Di luar hari besar, biasanya pesanan dari acara ulang tahun, pertunanga­n, atau pernikahan,’’ jelas Maria, 24.

Didirikan tahun lalu, usaha dua sahabat itu mulai menunjukka­n hasil. Pesanan datang dari berbagai kota di Indonesia. Beberapa kali mereka juga menerima order dari Australia dan Singapura. ( adn/ c17/ ayi)

 ??  ?? duplex topper hand lettering
duplex topper hand lettering

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia