Jawa Pos

Ajang Pemanasan sebelum Kejurnas

Petro Cup di Gresik

-

GRESIK – Ajang renang berskala nasional, Petro Cup, kembali digelar di Gresik. Untuk edisi tahun ini yang dihelat pada 1–2 April, kejuaraan kelompok umur itu bakal diikuti lebih dari 40 klub renang dari enam provinsi.

Kepala Pelatih KRPG (Klub Renang Petrokimia Gresik) Dudy Priharyadi menyatakan akan menerjunka­n 126 atlet untuk Petro Cup tahun ini. Mereka terbagi dalam delapan kelompok umur.

Dia sendiri akan menjadikan ajang kali ini sebagai medium evaluasi dari hasil pembinaan atletnya selama setahun terakhir. ’’ Karena itulah, kami memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda untuk bertanding,’’ jelasnya.

Dia berharap perenang dari Gresik yang bisa mewakili Jawa Timur atau Indonesia untuk berprestas­i muncul lagi. ’’Yang paling baru ya Nurul Fajar Fitriyati, sekarang atlet pelatnas. Awalnya ya ikut Petro Cup waktu latihan di KRPG,’’ jelasnya.

Seperti diketahui, Ati –sapaan Nurul Fajar Fitriyati– merupakan salah satu pahlawan Jawa Timur di PON XIX Jawa Barat. Dia berhasil menyumbang­kan emas di nomor gaya punggung putri. Bahkan, dia memecahkan rekor PON di gaya yang sama dengan torehan waktu 1 menit 04,58 detik.

Yang paling baru, perenang kelahiran 23 Februari 1996 itu baru saja pulang dari ajang Singapore Age Group Swimming Championsh­ip (SNAG) 2017 pada 15 Maret. Bersama dengan beberapa perenang Indonesia lainnya, Ati menjadi salah satu penyumbang emas.

Petro Cup yang bakal dihelat di kolam renang Wisma Petrokimia, Gresik, itu juga dijadikan sebagai ajang pemban- ding. Artinya, KRPG ingin melihat sejauh mana klub renang lainnya yang jadi pesaing dalam pembibitan atlet. ’’Bisa dijadikan bahan evaluasi juga, berkaca dari para atlet klub-klub yang bertanding,’’ kata Dudy.

Di sisi lain, dia mengungkap­kan, Petro Cup dijadikan sebagai ajang pemanasan untuk 11 atlet KRPG yang akan dikirim untuk mengikuti kejurnas di Palembang pada 21–25 April mendatang. Dia berharap atlet-atlet tersebut bisa memanfaatk­an betul event renang itu. ’’Bisa ngerti kekurangan­nya apa, lalu diperbaiki lagi pas pemantapan,’’ ungkapnya.

Seperti diberitaka­n sebelumnya, KRPG menjadi klub terbesar yang menyumbang­kan atlet buat Jawa Timur untuk kejurnas di Palembang. Karena fokus utamanya ke kejurnas, dalam Petro Cup VIII kali ini, Dudy tidak memasang target khusus. ( rid/c23/ttg)

 ?? FARID S MAULANA/JAWA POS ?? LONCAT: Yudhistira Anantha Octaviano, salah seorang perenang KRPG, saat berlatih di kolam renang Wisma Petrokimia, Gresik, kemarin (28/3).
FARID S MAULANA/JAWA POS LONCAT: Yudhistira Anantha Octaviano, salah seorang perenang KRPG, saat berlatih di kolam renang Wisma Petrokimia, Gresik, kemarin (28/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia