Jawa Pos

Forum Kiai Kampung Dorong Khofifah-Saifullah

-

SURABAYA – Sekitar 130 tokoh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Kampung Jatim (FK3JT) kemarin menggelar pertemuan terkait pilgub Jatim. Mereka mendorong agar kader-kader terbaik NU ikut mencalonka­n diri sebagai gubernur.

FK3JT menyebut dua nama kader NU yang paling layak. Yakni, Khofifah Indar Parawansa, ketua PP Muslimat yang juga menteri social, dan Saifullah Yusuf, Wagub Jatim saat ini. Menurut mereka, jika Khofifah dan Saifullah bisa maju ke pilgub, warga Jatim yang mayoritas nahdliyin memiliki alternatif dalam menentukan pilihan. ”Karena itu, kami berharap dua kader terbaik NU ini bisa menjadi bacagub dalam pilgub mendatang,” kata Fahrur Rozie selaku koordinato­r forum.

Dia juga mengatakan bahwa dua tokoh itu memiliki keunggulan masing-masing. Saifullah misalnya. Selain sarat pengalaman, dia sangat populer dan diterima berbagai kalangan. Demikian juga Khofifah. Sosok itu juga sangat layak. ”Selain populer, dia mendapat kepercayaa­n untuk masuk dalam kabinet pemerintah­an saat ini,” katanya.

Karena itu, dalam pertemuan kemarin, FK3JT menegaskan bakal mendorong agar pemerintah memberikan persetujua­n kepada Khofifah untuk running di pilgub Jatim. FK3JT juga berharap Saifullah dan Khofifah bisa mengganden­g bacawagub dari kalangan birokrat yang memiliki latar belakang nahdliyin atau dekat dengan NU. ”Ini untuk keseimbang­an keduanya yang bukan berlatar birokrat,” katanya.

Ada lima nama yang mereka sodorkan. Yakni, Wahid Wahyudi (Kadishub-LLAJ Jatim), Nurwiyatno (kepala inspektora­t), Fattah Jasin (asisten II setdaprov), Heru Tjahjono (kepala dinas perikanan dan kelautan), serta Hadi Prasetyo (mantan kepala bappeprov). (ris/c11/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia