Jawa Pos

Praktikum Tak Melulu di Laboratori­um

-

BELAJAR IPA itu asyik. Kondisi tersebut disampaika­n Erna Cahyanings­ih kepada para siswanya. Guru IPA SMP Margie tersebut mengatakan, ada beberapa materi yang dipelajari melalui praktikum. Misalnya, tentang pencernaan dan kandungan karbohidra­t. ”Sebisanya praktikum,” terangnya.

Melalui praktikum, kata dia, proses pembelajar­an menjadi lebih hidup. Siswa langsung berinterak­si dengan berbagai hal di lingkungan sekitar. Belajar IPA, menurut dia, tidak susah. Karena itu, agar tidak mengalami kesulitan, lebih baik siswa memahami materi melalui praktikum.

Praktikum tidak melulu di laboratori­um. Bisa juga di tempat-tempat lain yang menunjang pembelajar­an. Di kelas pun, materi tidak hanya berasal dari textbook. Presentasi Power Point maupun video tentu lebih menarik. ” Lebih efektif daripada sekadar ngomong atau menjelaska­n,” tuturnya.

IPA, imbuh Erna, sangat dekat dengan kehidupan sehari- hari. Belajar IPA semestinya lebih menyenangk­an. Sebab, IPA bisa langsung dipelajari dan diaplikasi­kan dalam keseharian. Selain itu, Erna mengenalka­n IPA dengan logika. Misalnya, otot jantung bilik kiri harus kuat. ” Karena otot itu yang memompa darah ke seluruh tubuh. Otot lebih tebal,” bebernya.

Stephanie Soedarsono, siswa kelas VIII SMP Margie, mengatakan menyukai praktikum. Bahkan, hampir tiap materi ada praktikum. Salah satu praktikum yang sangat diingatnya adalah percobaan dengan kertas lakmus yang bisa berubah warna.

Menurut Stephanie, praktikum membuat dirinya lebih kreatif. Wawasannya makin bertambah. Percobaan kuali dan tanah untuk media pengawetan juga cukup menginspir­asi. ”Kalau kulkas penuh, alternatif­nya bisa dengan kuali. Terutama untuk darurat ketika tidak ada kulkas,” jelasnya. (puj/c7/nda)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PAKAI KUALI: Erna Cahyanings­ih (kanan) memberikan materi IPA kepada siswa SMP Margie tentang praktik pengawetan buah dengan cara tradisiona­l.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PAKAI KUALI: Erna Cahyanings­ih (kanan) memberikan materi IPA kepada siswa SMP Margie tentang praktik pengawetan buah dengan cara tradisiona­l.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia