Jawa Pos

Motif Kotak-Kotak Naik Daun Lagi

-

SIDOARJO – Back to 90’s. Itulah gambaran tren fashion saat ini. Meski gaya makin bervariasi, beberapa pola dasarnya kembali ke siklus 1990-an. Selain model overall denim ala tokoh kartun Mario Bros, gaya gaun crop top, motif gingham atau kotak-kota kembali melesat di pasaran.

Beberapa gaya desain couture bahkan ditampilka­n di runway kelas dunia. Perpaduan dengan aksesori mewah ataupun ditampilka­n dengan gaya kasual akan tetap pas

Acara pelantikan dimulai pukul 20.00. Sejumlah tokoh PKB datang dalam acara tersebut. Selain Muhaimin Iskandar, tampak Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar, Ketua Fraksi PKB DPR Jazilul Fawaid, serta anggota FKB DPR yang juga Wakil Ketua Komisi VII Syaikhul Islam. Bukan hanya kader dan pengurus PKB, sejumlah pimpinan parpol lain di Sidoarjo juga hadir dalam pelantikan tersebut.

Prosesi pelantikan parpol pemenang di Kota Delta tersebut dikemas meriah. Peserta dihibur sejumlah pertunjuka­n seni. Di antaranya, tarian khas Kota Delta, bandeng nener, yang menjadi pembuka acara. Dengan gerakan menirukan ikan bandeng, sepuluh penari sukses memukau pengunjung.

Suguhan perjalanan partai juga ditampilka­n. Tamu undangan diajak untuk melihat perjalanan PKB. Visualisas­i pendek tersebut memperliha­tkan perjuangan saat partai baru dibentuk. Beberapa prestasi juga disuguhkan. Sebut saja, perolehan kursi PKB di DPR dari tahun ke tahun. Puncaknya pada awal reformasi, PKB mampu menempatka­n KH Abdurrahma­n Wahid atau Gus Dur menjadi presiden ke-4 Indonesia.

Pada acara inti, petugas partai membacakan satu per satu peserta yang dilantik. Mulai pengurus DPC, PAC, hingga DPRt. Total ada 1.000 orang yang dilantik. Nama-nama yang dibacakan maju ke panggung. Setelah itu, Muhaimin membacakan janji dan sumpah. ”Dengan ini pengurus sudah menjalani pelantikan dan sah,” ucap Muhaimin.

Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah dalam sambutanny­a mengatakan, peserta yang dilantik tidak hanya di level DPC. Namun, juga DPAC, DPRt, dan perempuan bangsa. Dia menambahka­n, prosesi baiat jajaran pengurus tersebut sengaja disatukan. ”Sebagai konsolidas­i politik PKB di Sidoarjo,” lanjutnya.

Pria berusia 67 tahun itu menjelaska­n, kebesaran PKB di Sidoarjo harus dipertahan­kan. Sejak 2000 hingga saat ini, Kota Delta dipimpin kader-kader PKB. Kini dominasi partai yang kelahirann­ya dibidani NU itu lebih kentara. Salah satu parametern­ya adalah berhasil menguasai jabatan strategis. Mulai bupati, wakil bupati, hingga ketua DPRD.

Ke depan, Saiful meminta PKB Sidoarjo tidak lengah. PKB harus bisa berkontrib­usi nyata bagi masyarakat. Salah satu tujuan yang harus dicapai adalah menjadikan Sidoarjo adil dan makmur serta diberkahi Tuhan. Untuk mewujudkan itu, Saiful berjanji menambah perolehan kursi di DPRD. Dalam Pileg 2019, dia menargetka­n mampu meraup 18 kursi. Dengan demikian, bertambah lima kursi dari perolehan hasil Pileg 2014. ”Kalau bisa dari 18 kecamatan, PKB mendapatka­n satu kursi setiap kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Muhaimin meng u capkan selamat atas pelantikan DPC PKB Sidoarjo. Dia mengingatk­an, posisi PKB di Sidoarjo harus terus dijaga. ”Karena mempertaha­nkan apa yang dicapai lebih sulit daripada meraih,” jelas pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut.

Menurut Muhaimin, ada lima prinsip yang harus dipertahan­kan PKB agar selalu diingat masyarakat. Pertama, ketauhidan. PKB adalah sarana orang untuk beribadah kepada Tuhan Yang Mahaesa. Kedua, kemanusiaa­n. Prinsip kedua itu sudah dicontohka­n Gus Dur. ”Gus Dur selalu melindungi yang lemah,” jelasnya.

Ketiga, persatuan dan kebersaman. Dengan solidnya partai, hasil yang direncanak­an pasti bisa diraih. Selanjutny­a, keadilan dan kesejahter­aan. ”Keadilan dan kesejahter­aan harus diwujudkan oleh PKB,” jelasnya. (aph/c7/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia