Jawa Pos

Garap Lagi Gerbang Tol Porong–Gempol

-

SIDOARJO – Pembanguna­n tol Porong– Gempol dilanjutka­n. Setelah merampungk­an ruas Kejapanan–Gempol, PT Jasa Marga meneruskan pembanguna­n seksi Porong– Kejapanan. Jalan tol itu dibangun untuk menggantik­an ruas jalan tol Surabaya– Gempol yang tenggelam oleh lumpur.

Berdasar pengamatan di wilayah Km 36 kemarin (28/3), dua alat berat tampak bekerja. Ekskavator menguruk lahan yang akan dijadikan jalan tol. Lokasinya di tengah-tengah tol Sidoarjo–Waru. Berjarak 500 meter dari lokasi pengerjaan, terlihat tumpukan ratusan paku bumi.

Lokasi pengerjaan jalan tol itu dimulai dari pintu masuk Jalan Arteri Porong menuju wilayah Wunut. Panjangnya kurang lebih 3 km. Pengerjaan proyek itu berdampak pada penutupan akses. Misalnya, Jalan Ketapang yang menuju arah Jalan Arteri Porong. Petugas memasang tanda peringatan di beberapa titik. Plang-plang besi berwarna kuning tersebut bertulisan ’’Jalur Ditutup karena Ada Proyek Relokasi Jalan Tol Porong–Gempol Paket 1’’.

General Manager PT Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol Raddy R. Lukman menjelaska­n bahwa pengerjaan itu merupakan rangkaian dari pembanguna­n jalan tol Porong– Gempol. Setelah menuntaska­n seksi Kejapanan–Gempol yang panjangnya 3,55 km, pembanguna­n berlanjut. ’’Ini pembanguna­n seksi Porong–Kejapanan,’’ ucapnya kemarin.

Panjang jalan tol Porong–Kejapanan berkisar 6,45 km. Pembanguna­n jalan tersebut bertujuan menggantik­an fungsi jalan tol Surabaya–Gempol yang terputus. Bencana luapan lumpur membuat jalan sepanjang 10 km itu tidak lagi berfungsi sejak Agustus 2006.

Setelah rampung, gerbang tol Sidoarjo 2 berubah menjadi gerbang masuk. Pengendara tinggal mengambil kartu tol. (aph/c7/pri)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MULAI DIURUK: Jembatan Wunut di wilayah Porong Sidoarjo tampak terpotong. PT Jasa Marga akan membangun gerbang tol di sekitar jembatan tersebut.
BOY SLAMET/JAWA POS MULAI DIURUK: Jembatan Wunut di wilayah Porong Sidoarjo tampak terpotong. PT Jasa Marga akan membangun gerbang tol di sekitar jembatan tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia