Jawa Pos

Lopburi College Thailand Pelajari Robot Smamda

-

SIDOARJO – SMA Muhammadiy­ah 2 Sidoarjo menerima tamu istimewa kemarin (28/3). Yaitu, tujuh siswa dan tiga pengajar dari Lopburi College di Provinsi Lopburi, Thailand. Mereka hendak menengok secara langsung pembelajar­an yang menjadi unggulan Smamda, sebutan SMA Muhammadiy­ah 2 Sidoarjo. Terutama soal robot-robot bikinan Smamda.

Paginya, rombongan dari Lopburi College mendapatka­n suguhan budaya Indonesia. Ada tari tradisiona­l dan beberapa tampilan paduan suara. Lalu, diadakan sesi diskusi bersama sejumlah guru dan siswa Smamda. ’’Salah satu yang membuat mereka sangat tertarik adalah robot-robot bikinan Smamda,’’ kata Kepala Smamda Wigatining­sih.

Misalnya, robot bikinan Almas Bukhoruli dan Widia Widati. Yakni, kaki palsu robotik atau robotic prosthetic limb. Robot itu dibuat persis seperti kaki manusia. Berbahan fiber. Anggaran pembuatann­ya tergolong murah. Hanya Rp 3,4 juta.

Robot Ansont ( Android system and orientatio­n sense transporta­tion) juga menarik perhatian rombongan dari Negeri Gajah Putih tersebut. Itulah kursi roda yang dikendalik­an melalui perangkat Android. Bisa berjalan dan bergerak hanya dengan dikendalik­an aplikasi dalam handphone. Tambah membanggak­an, robot itu pernah menjadi juara I kategori Science Project pada ajang Pesta Rakyat Fisika 2016 di Universita­s Indonesia.

Tidak ketinggala­n, Atlastic ( applicativ­e natural smart home based ITC). Sebuah program untuk mengendali­kan rumah dengan perangkat Android. ’’Mereka sangat tertarik. Bahkan, mereka mempelajar­inya dengan detail,’’ ujar Wigati. (uzi/c14/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia