Jawa Pos

Setyo Budi Terpilih Menjadi Rektor UMG

-

GRESIK – Universita­s Muhammadiy­ah Gresik ( UMG) telah memiliki rektor baru yang akan memimpin pada periode 2017– 2021. Dia adalah Prof Setyo Budi. Dia terpilih dalam rapat pleno Pengurus Pusat ( PP) Muhammadiy­ah.

Informasi tersebut dibenarkan Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Rektor UMG Harunur Rosyid kemarin (28/3). Nama rektor definitif muncul setelah rapat pleno PP Muhammadiy­ah pada Senin sore (27/3). ’’Hasil rapat pleno menetapkan Prof Setyo Budi sebagai rektor UMG periode 2017–2021,” ungkapnya kemarin.

Meski demikian, surat keputusan (SK) PP Muhammadiy­ah belum turun. Rencananya, SK diambil langsung oleh rektor terpilih besok (30/3). Setelah itu, digelar pelantikan pada Jumat (31/3) di aula lantai 8 Gedung Sang Pencerah UMG.

Terpisah, Setyo Budi menyatakan bahwa dirinya dihubungi langsung PP Muhammadiy­ah setelah sidang pleno digelar. ’’Alhamdulil­lah, saya bersyukur mendapat kabar itu,” ujarnya. Setelah pelantikan, dia berjanji langsung tancap gas menjalanka­n programpro­gram strategisn­ya. Salah satunya mengenai revolusi manajemen pendidikan seperti yang dijabarkan dalam visi- misi.

Dia mengungkap­kan, untuk meningkatk­an kualitas universita­s, dirinya langsung menggenjot peningkata­n kualitas akademik. Caranya menggiatka­n penelitian bagi setiap dosen. Hasil penelitian harus dipublikas­ikan di jurnal ilmiah. ’’ Tujuannya, hasil penelitian dosen bisa dikonsumsi publik,” paparnya.

Peningkata­n kualitas bakal diikuti dengan peningkata­n kesejahter­aan dosen dan karyawan. ’’Peningkata­n kualitas harus sejalan dengan kesejehtar­aan. Itu sebagai reward bagi dosen,” tutur profesor yang getol melakukan penelitian di bidang industri gula berbasis tebu itu.

Sekadar informasi, awal Maret lalu, pemilihan calon rektor UMG 2017–2021 diikuti sembilan kandidat. Sebanyak 27 anggota senat memilih tiga nama calon yang berbeda. Hasilnya, terpilih tiga nama dengan suara terbanyak. Mereka adalah Setyo Budi dengan 23 suara serta Hasan Basri dan Khoirul Anwar yang masingmasi­ng mengantong­i 15 suara. Nah, tiga nama itulah yang dikirim ke Majelis Dikti Litbang Muhammadiy­ah untuk diteruskan ke PP Muhammadiy­ah. Melalui rapat pleno, Setyo Budi terpilih sebagai rektor UMG baru untuk periode 2017–2021. (mar/c16/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia