Jawa Pos

Diskoperin­dag Sepakati Kerja Sama dengan BPJS-TK

-

GRESIK – Keinginan Badan Penyelengg­aran Jaminan Sosial Ketenagake­rjaan (BPJS-TK) untuk membidik industri kecil mendapat respons dari banyak pihak. Salah satunya, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Diskoperin­dag) Agus Budiono. Banyak pelaku industri kecil yang belum mengikuti program tersebut.

Dia menilai keinginan itu harus dikomunika­sikan bersama. Sebab, banyak kelompok yang belum pernah dijamah. Padahal, mereka butuh layanan program tersebut. ”Kerja sama itu sangat memungkink­an,” katanya. ” Tapi, untuk realisasin­ya, perlu pembahasan lebih mendalam,” imbuhnya.

Agus juga menilai langkah tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kecil. Bisa jadi, mereka belum paham produk apa saja yang ada di BPJS-TK. Karena itu, kesadaran untuk ikut program tersebut masih lemah. ”Mereka harus paham secara mendalam apa saja yang didapat setelah mengikuti BPJS-TK,” jelasnya.

Di beberapa daerah, BPJS-TK tidak hanya menjalin kerja sama dengan satu satuan perangkat daerah (SKPD). Lembaga itu mengganden­g banyak SKPD yang memiliki warga binaan. Misalnya, dinas perhubunga­n yang memiliki binaan nelayan.

Mereka juga membutuhka­n jaminan sosial, keselamata­n kerja, dan jaminan hari tua. Nelayan perlu ikut serta pada program tersebut. Tingkat risiko pekerjaan nelayan sangat tinggi. Karena itu, nelayan membutuhka­n jaminan sosial ketenagake­rjaan. Bila terjadi bencana, ada jaminan yang bisa meringanka­n beban mereka.

Sekadar informasi, Kepala BPJSTK Bakti Mahendra Putra mengaku akan menjalin kerja sama dengan Dinas Penanaman Podal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik. Dia ingin membidik industri kecil agar ikut serta dalam program BPJS-TK.

Ada 30 ribu tenaga kerja sektor formal yang belum bergabung dengan BPJS-TK. Bakti ingin mereka bisa tergarap dengan baik. Dengan begitu, kesejahter­aan dan masa tua mereka terjamin. (riq/c24/ai)

 ??  ??
 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ??
ADI WIJAYA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia