Jawa Pos

Terekam CCTV, Pembobol Minimarket Diringkus

-

JAKTIM – Setelah lima kali beraksi, anggota komplotan perampok minimarket diringkus petugas Polsek Duren Sawit. Mereka adalah Reza, 21, dan Nanda Kusuma, 23. Keduanya ditangkap di rumah mereka di wilayah Klender, Jakarta Timur. Pelaku lain kini terus diburu.

’’Pelaku yang masuk daftar pencarian orang (DPO) adalah Yuda,’’ kata Kapolsek Duren Sawit Kompol Yudho Huntoro kemarin (31/3).

Minimarket di Jalan Pahlawan Revolusi, Klender, Jakarta Timur, disatroni perampok Selasa (14/2). Sebanyak 30 barang yang terdiri atas handphone, kosmetik, dan rokok di minimarket tersebut raib.

Dalam olah TKP, polisi memeriksa CCTV. Hasilnya, pelaku terekam jelas oleh kamera pengintai tersebut. ’’Reza dan Yuda masuk ke dalam minimarket dengan membobol rolling door menggunaka­n linggis kecil,’’ jelasnya.

Aksi tersebut berjalan selama sepuluh menit. Mereka mengambil barang yang mudah dijual seperti handphone, kosmetik, dan rokok. Barang curian itu disembunyi­kan di dalam tas. Mereka lantas meninggalk­an lokasi dengan sepeda motor Honda Vario hitam.

Ciri-ciri kendaraan yang digunakan pelaku pun terekam. Namun, pelacakan tidaklah mudah. Sebab, angka pelat nomor tersebut tidak jelas. Polisi harus melacak satu per satu angka yang mendekati nomor polisi kendaraan itu.

Sebulan kemudian, upaya polisi membuahkan hasil. Diketahui, sepeda motor tersebut adalah milik Nanda Kusuma. Pria 23 tahun itu bersembuny­i di wilayah Klender, tidak jauh dari lokasi kejadian. Berbekal informasi tersebut, polisi pun memburu Nanda.

Polisi tidak sulit menangkap Nanda. Ketika diperiksa, Nanda mengaku tidak ikut serta dalam perampokan yang dilakukan Reza dan Yuda. Dia hanya menjadi fasilitato­r. ’’Dari meminjamka­n sepeda motor, Nanda dibayar Rp 600 ribu. Walaupun tidak ikut merampok, Nanda tetap bersalah. Sebab, dia membantu Reza dan Yuda,’’ paparnya.

Di hadapan petugas, Nanda memberitah­ukan persembuny­ian Yuda dan Reza. Keduanya masih bersembuny­i di wilayah yang sama dengan Nanda. (ian/c5/ano)

 ?? SEPTIAN NURHADI/JAWA POS ?? MASUK BUI: Polisi menunjukka­n sindikat pembobol minimarket yang dibekuk setelah terekam CCTV.
SEPTIAN NURHADI/JAWA POS MASUK BUI: Polisi menunjukka­n sindikat pembobol minimarket yang dibekuk setelah terekam CCTV.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia