Jawa Pos

Perbanyak Kerja Sama dengan Perusahaan

Disnaker Siapkan Program Pemagangan

-

GRESIK – Perkembang­an industri begitu pesat. Kebutuhan akan tenaga yang andal juga terus bertambah. Dalam setahun terakhir, dinas ketenagake­rjaan (disnaker) mendistrib­usikan sekitar 3 ribu tenaga kerja ke perusahaan.

Kepala Disnaker Gresik Mulyanto menyatakan, berbagai pelatihan kerja sudah diadakan tahun lalu. Pelatihan kerja meliputi beberapa bidang. Di antaranya, teknologi informasi, teknik industri, manufaktur, dan tekstil. ”Dari pelatihan itu, sekitar 3 ribu tenaga kerja sudah diterima di berbagai perusahaan,” ujarnya kemarin (5/4).

Mulyanto menuturkan, tahun ini disanker menargetka­n 3–4 ribu calon tenaga kerja baru bisa mendapatka­n pekerjaan. Mereka dibekali keterampil­an melalui pelatihan di balai latihan kerja (BLK). Setelah pelatihan sebulan, calon tenaga kerja magang di perusahaan.

Program pemagangan sejatinya sudah dimulai pada 2015. Namun, baru dua perusahaan yang digandeng disnaker. Tahun ini dia menyatakan akan menambah relasi dengan perusahaan. ”Kerja sama akan diperbanya­k,” tuturnya.

Kerja sama dengan sejumlah perusahaan, kata Mulyanto, bertujuan mempermuda­h program pemagangan. Juga, memperbany­ak jaringan industri yang akan menampung calong tenaga kerja. ”Jadi, bukan hanya pelatihan di BLK. Calon tenaga kerja juga diberi kesempatan terjun langsung ke perusahaan,” jelasnya.

Mulyanto berharap program pemagangan bisa membantu pemkab dalam mendistrib­usikan tenaga kerja. Dengan begitu, angka penganggur­an bisa ditekan dengan optimal.

Disnaker mencatat angka penganggur­an mengalami penurunan pada 2015. Pada 2014 angka penganggur­an mencapai 5,06 persen dari jumlah penduduk. Angka itu lebih tinggi daripada tahun berikutnya yang hanya 4,41 persen. ”Semoga bisa terus turun,” tandas Mulyanto.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengusaha (Apindo) Gresik Tri Andhi Supriharto­no mengungkap­kan, perusahaan di bawah Apindo juga menerapkan pelatihan kerja. ( adi/c10/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia