Jawa Pos

AS Ambisi Gulingkan Assad

Rusia dan Iran Pertegas Dukungan ke Damaskus

-

NEW YORK – Rezim Syria harus segera berganti. Pesan itu disampaika­n Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley dalam wawancara eksklusif dengan CNN yang tayang kemarin (9/4). Sikap yang benderang tersebut menegaskan posisi Washington atas konflik terbesar abad ke-21 yang terjadi di tempat yang dalam sejarah Islam kerap disebut sebagai Tanah Syam itu.

”Saat ini, melengserk­an Assad adalah satu-satunya prioritas kami,” kata Haley. Pernyataan perempuan 45 tahun tersebut itu sekaligus menegaskan perubahan sikap Presiden AS Donald Trump terhadap Damaskus yang semula abu-abu.

Senjata kimia yang merenggut sedikitnya 86 nyawa di Kota Khan Sheikhun, Distrik Maarrat al-Numan, Provinsi Idlib, Syria, membuat Trump berubah pikiran. Sebelumnya dia telah mengirimka­n 58 Tomahawk ke Pangkalan Udara Shayrat pada Jumat (7/4) dini hari waktu Syria.

Sejak menjabat presiden, Trump terkesan menghindar­i isu tentang Syria. Taipan 70 tahun itu memang menjanjika­n kebijakan yang berbeda dengan Barack Obama. Dia mengaku tidak akan memaksa Assad lengser karena rakyat Syria masih mengakui legitimasi­nya. Dia tidak mau seperti Obama yang berang ketika Damaskus melanggar red lines yang AS ciptakan sebagai batas toleransi.

Trump memang tidak mengekor Obama. Dia jarang berkomenta­r tentang Syria. Tapi, Kamis lalu, dia berubah haluan saat rezim Assad terkonfirm­asi menggunaka­n senjata kimia di Khan Sheikhun. Kali ini, tanpa peringatan, presiden ke-45 AS itu langsung memerintah dua kapal perang yang berada di kawasan Timur Tengah menghujani Syria dengan Tomahawk.

Serangan ke Pangkalan Udara Shayrat itu membuat Damaskus berang. Juga, Moskow dan Teheran. Kemarin, dalam percakapan jarak jauh via telepon, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani sepakat menyebut tembakan 58 Tomahawk AS itu sebagai salah satu bentuk pelanggara­n hukum internasio­nal. ”Agresi AS di Syria itu tidak bisa dibenarkan,” sebut Kremlin dalam pernyataan resminya.

Putin dan Rouhani juga sama-sama menolak investigas­i di Khan Sheikhun terkait serangan gas beracun yang diduga sarin. Mereka berpegang pada klaim awal yang menyebut gas kebiruan dan kekuningan itu milik oposisi. Moskow menegaskan bahwa gas beracun itu muncul dari gudang senjata oposisi yang jadi target serangan. Padahal, gudang Khan Sheikhun sudah enam bulan kosong.

Lengsernya Assad atau bergantiny­a rezim Syria diyakini AS sebagai solusi krisis. ”Syria tidak akan pernah menjadi negara yang damai jika Assad masih berkuasa,” tambah Haley. (AFP/Reuters/CNN/BBC/hep/c17/sof)

 ?? ZOUBEIR SOUISSI/REUTERS ?? MENENTANG: Warga di Tunisia kemarin WIB membawa bendera Syria dan poster Presiden Bashar Al Assad dalam protes atas serangan AS. Agresi terbuka AS mengawali babak baru konflik di Syria.
ZOUBEIR SOUISSI/REUTERS MENENTANG: Warga di Tunisia kemarin WIB membawa bendera Syria dan poster Presiden Bashar Al Assad dalam protes atas serangan AS. Agresi terbuka AS mengawali babak baru konflik di Syria.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia