Jawa Pos

Sambung Jalan Persegi Delapan

-

SURABAYA – Jalan yang membelah persegi delapan Sukomanung­gal akhirnya tersambung. Pemkot telah menghubung­kan jalan yang sebelumnya bersengket­a itu pada Rabu (12/4). Namun, belum banyak yang mengetahui keberadaan jalan tersebut. Para pengendara tetap melintasi jalan dengan memutar.

Hampir seluruh kendaraan dari Jalan Raya Darmo Suwoyo berbelok kanan menuju Jalan Raya Darmo Permai II. Padahal, bila mengambil jalan lurus, jarak tempuh untuk sampai di Jalan Raya Sukomanung­gal hanya separo.

Namun, bagi warga setempat, tersambung­nya jalan itu menjadi kabar gembira. Harry Njoo, warga Chofa Resident Darmo Satelit, mengaku plong karena jalan tersebut akhirnya beres. Dia sudah lama berharap jalan itu disambung. ”Selama ini harus muter dan jauh,” katanya.

Setelah jalan tersambung, kendaraan dari Surabaya Barat yang hendak menuju Banyu Urip atau HR Muhammad bisa langsung bablas. Harry sudah menginform­asikan tersambung­nya jalan itu kepada sejumlah temannya. ”Pokoknya kalau lewat sini enak, tok. Orang-orang juga perlu tahu,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Eri Cahyadi menerangka­n, jalan tersebut sempat disengketa­kan dan masuk ranah hukum. Pemkot menggunaka­n Putusan Nomor 133/PK TUN untuk melakukan pembongkar­an. ”Karena dari dulu peruntukan­nya itu untuk jalan, ya, tidak bisa didirikan bangunan,” jelasnya.

Pemkot mengerjaka­n jalan tersebut karena menjadi fasum yang harus diserahkan pengembang. Pemkot telah mem- blacklist perusahaan pengembang itu. ”Karena fasumnya kami ambil alih, pemkot melakukan pembanguna­n,” lanjutnya. (sal/c16/oni)

 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ?? BUKA JALUR: Pemkot telah menyambung jalan yang membelah kawasan persegi delapan Sukomanung­gal sejak Rabu (12/4). Namun, belum banyak yang mengetahui jalan itu.
SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS BUKA JALUR: Pemkot telah menyambung jalan yang membelah kawasan persegi delapan Sukomanung­gal sejak Rabu (12/4). Namun, belum banyak yang mengetahui jalan itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia