Jawa Pos

KA Tambahan untuk Lebaran Dirilis Serentak

-

SURABAYA – Tiket kereta api masa Lebaran memang selalu laris manis. Bahkan, tiket KA untuk tanggal-tanggal tertentu sudah habis. PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun mulai menyiapkan KA tambahan untuk musim mudik Lebaran.

Pembelian tiket KA tambahan sudah bisa dilakukan mulai Minggu (16/4) pukul 00.01. PT KAI Daerah Operasiona­l (Daop) 8 bakal menyediaka­n 12 KA tambahan dengan total 7.504 tempat duduk (TD).

’’ Diharapkan, masyarakat memperguna­kan fasilitas pemesanan tiket sejak dini,’’ imbau Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmok­o.

Dia mengingatk­an, pemesanan bisa dilakukan melalui banyak jalur. Bisa langsung memesan di stasiun, namun lebih praktis bila dilakukan via online atau layanan eksternal. Misalnya, minimarket dan kantor pos.

Yang perlu dicatat, penjualan tiket angkutan Lebaran tambahan itu berbeda dari jilid pertama. Jika awalnya pembelian bisa dilakukan pada H-90 tanggal keberangka­tan, kini PT KAI menerapkan aturan lain. ’’Sekarang tiket untuk keberangka­tan 15 Juni hingga 6 Juli akan dirilis secara serentak di hari yang sama,’’ jelas Gatut. Dia berharap, masyarakat bisa mencari alternatif rute maupun tanggal keberangka­tan.

Masyarakat juga disarankan mencari alternatif tiket terusan. ’’Misalnya, jika ingin ke Jakarta, calon penumpang bisa pesan tiket dari Surabaya ke Semarang, kemudian meneruskan perjalanan dengan menggunaka­n KA rute Semarang–Jakarta,’’ terang Gatut. Namun, jangan lupa untuk mempertimb­angkan selisih waktu antarkeret­a sambungan. (deb/c4/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia