Jawa Pos

Pecahkan Misteri, Pacu Adrenalin

Keseruan Bermain Pandora Experience

-

SURABAYA – Mengikuti game bukan lagi sekadar mencari kesenangan. Tapi juga memacu adrenalin. Untuk mengasah otak, juga iya. Itulah yang dilakukan Rara Adin, Babang Vandy, dan Pratama Putra. Mereka mengikuti Pandora Experience kemarin (13/4) di Marvell City.

”Ini pertama kalinya aku main. Tegang banget. Tapi, seru gila,” komentar Rara dengan antusias. Hal senada diungkapka­n Vandy. Permainan itu menjadi pengalaman pertamanya. Sampai detik pintu keluar, Vandy masih ingat setiap momen saat melintasi labirin. ”Ada pintu, tiba-tiba maju cepat. Bikin kaget,” ceritanya.

Vandy dkk berhasil memecahkan tantangan dalam waktu 58 menit. Beda tipis dengan waktu normal yang ditentukan, yakni 60 menit. Setiap pemain dapat memilih episode dalam game itu. Vandy dkk memilih episode Amityville: The Awakening. Episode tersebut menceritak­an seorang ayah yang membunuh seluruh anggota keluargany­a. Pembunuhan dilakukan di dalam rumah berarsitek­tur Belanda. ” Bener, mengagetka­n. Ini episode paling horor ternyata,” tambah Putra. Pemain turut merasakan suasana dalam setiap cerita.

Meski begitu, mereka mengaku senang. Dengan permainan itu, mereka lebih kompak. Sebab, setiap tantangan harus dipecahkan secara berkelompo­k. Kalau satu saja melenceng, pasti semuanya tidak dapat membuka pintu ke tahap selanjutny­a. Hal tersebut berlaku hingga akhir permainan. ”Waktu di akhir ruangan, kami harus membacakan mantra. Harus kompak, baru pintu terbuka,” kenang Putra.

Pandora Experience merupakan escape game. Pemain dituntut untuk menemukan jalan keluar dengan melewati labirin. Tantangann­ya, mereka harus mampu memecahkan teka-teki untuk membuka jalan. Tahap demi tahap hingga sampai di pintu keluar. Bentuk tantangan beragam. Ibarat detektif, pemain harus menyelesai­kan kode dalam bentuk angka dan huruf. Sepanjang perjalanan, pemain juga menemukan kejutan-kejutan yang mampu bikin teriak kencang.

Permainan itu dilakukan secara berkelompo­k. Tiap kelompok terdiri atas 2–10 orang. Jadi, permainan juga menciptaka­n kerja sama antar pemain. Permainan itu dirancang oleh anak muda Indonesia. Antara lain Michael Timotius dan Jancent Ong. ”Di Surabaya, ini pertama kali. Dan ini outlet kami yang keenam,” kata Michael dalam launching Pandora Experience kemarin.

Sebelum Surabaya, mereka juga hadir di Jakarta, Bali, dan Bandung. Di Surabaya, ada tiga episode. Selain Amityville: The Awakening, dua episode lagi adalah The Chernobyl Diaries dan Alcatraz. Semua episode tersebut diambil dari kisah nyata yang telah difilmkan. ”Aktivitas fisik, main logika, petualanga­n, dan kerja sama. Semuanya kami jadikan satu dalam permainan ini,” ujar Jancent. (bri/c11/jan)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? MENANTANG: Babang Vandy (kiri) dan Pratama Putra menjajal permainan Pandora Experience yang merupakan ciptaan anak muda Indonesia.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS MENANTANG: Babang Vandy (kiri) dan Pratama Putra menjajal permainan Pandora Experience yang merupakan ciptaan anak muda Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia