Jawa Pos

Manado Pintu Masuk Investasi Pariwisata

-

JAKARTA – Untuk mendongkra­k investasi di sektor pariwisata, pemerintah mengembang­kan sejumlah daerah wisata yang potensial. Salah satunya adalah Sulawesi Utara. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pun melakukan kegiatan promosi investasi dengan menggagas Manado Internatio­nal Conference on Tourism Investment bertajuk Invest Manado.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Kementeria­n Pariwisata, Pricewater­houseCoope­rs (PwC), Broadway Malyan, Pemprov Sulawesi Utara, dan Pemkot Manado tersebut akan diselengga­rakan di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, 22–24 Mei. Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Himawan Hariyoga menyampaik­an, Invest Manado merupakan salah satu langkah untuk memastikan investasi senantiasa bergairah di lokasi-lokasi potensial.

”Beberapa peluang investasi tersebut, antara lain, di sektor pengembang­an hotel dan resor, MICE, atraksi pariwisata, infrastruk­tur transporta­si, termasuk industri pendukung lainnya se- perti penyediaan energi, industri makanan dan minuman, fasilitas kesehatan, serta pendidikan kejuruan pariwisata,” urainya.

Himawan mengungkap­kan, sektor pariwisata merupakan prioritas investasi yang sedang digenjot. BKPM mencatat investasi yang masuk ke Sulawesi Utara masih didominasi sektor infrastruk­tur seperti listrik, gas, dan air. Modal dalam negeri yang ditanam (PMDN) mencapai Rp 3,4 triliun. Kemudian, penanaman modal asing (PMA) USD 209 juta. Sementara itu, sektor pariwisata seperti investasi di bidang hotel dan restoran berkontrib­usi 13 persen dari total PMA yang masuk tercatat sebesar USD 26,9 juta.

Sebelumnya, Kepala BKPM Thomas Lembong menyampaik­an, saat ini investasi di sektor pariwisata dan infrastruk­tur pendukung masih belum optimal. Menurut Thomas, lima tahun terakhir kontribusi sektor pariwisata masih sangat rendah di level 2,2 persen atau Rp 51,2 triliun dari total realisasi investasi yang masuk. ( ken/ c10/ sof )

 ?? REZA MANGANTAR/MANADO POST/JPG ?? POTENSIAL: Kapal-kapal bersandar di Pelabuhan Manado, Sulawesi Utara, yang akan diubah menjadi dermaga pariwisata.
REZA MANGANTAR/MANADO POST/JPG POTENSIAL: Kapal-kapal bersandar di Pelabuhan Manado, Sulawesi Utara, yang akan diubah menjadi dermaga pariwisata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia