Jawa Pos

Lingkaran Setan di Semenanjun­g Korea

-

BEIJING – Korea Utara (Korut) hari ini melangsung­kan pesta perayaan ulang tahun pendirinya, Kim Il-sung, yang ke-105. Meski begitu, tidak ada atmosfer kebahagiaa­n. Yang ada, ketegangan menjalar ke negara sekitarnya. Misalnya, Tiongkok memutuskan untuk membekukan penerbanga­n Beijing–Pyongyang setelah Wakil Menlu Korut Han Song-ryol mengungkap­kan bahwa pihaknya siap bertindak tanpa ampun untuk mereaksi lingkaran setan yang terjadi di Semenanjun­g Korea.

Air China merupakan satu-satunya maskapai penerbanga­n asing yang beroperasi di negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut. Pembekuan dimulai Senin (17/4) hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Demikian laporan yang dirilis stasiun televisi Tiongkok CCTV melalui situs resminya. Air China terbang tiga kali dalam sepekan sejak 2008. Kini satu-satunya penerbanga­n yang menjangkau Beijing dan Pyongyang dioperasik­an Air Kroyo milik Korut.

Belum ada pernyataan resmi dari pejabat Tiongkok mengenai pembekuan tersebut. Beberapa hari terakhir, Presiden AS Donald Trump memang menekan Tiongkok. Dia meminta negara yang dekat dengan Korut itu bertindak agar Jong-un tidak mengembang­kan senjata nuklirnya. Jika tidak, AS akan beraksi.

Sebelumnya, dalam wawancara eksklusif dengan kantor berita AP, Han Song-ryol menyampaik­an bahwa terjadi lingkaran setan di Semenanjun­g Korea. Banyak pihak yang saling ancam. Jika tidak ada yang menahan diri, bisa terjadi perang.

Menurut Han, penyebab utamanya bukan Korut, melainkan AS. Terutama Trump yang sering mengeluark­an pernyataan provokatif melalui cuitannya di Twitter. (AP/AFP/c16/any)

 ?? DAMIR SAGOLJ/REUTERS ?? WAJIB: Warga Korut memberi hormat di hadapan patung dua mantan pemimpin negara itu. Yakni, Kim Il-sung dan Kim Jong-il.
DAMIR SAGOLJ/REUTERS WAJIB: Warga Korut memberi hormat di hadapan patung dua mantan pemimpin negara itu. Yakni, Kim Il-sung dan Kim Jong-il.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia