Jawa Pos

Nani Widjaja-Ajip Rosidi Menikah Hari Ini

-

JAKARTA – Hari ini akan menjadi hari bersejarah bagi aktris senior Nani Widjaja. Bintang sinetron Tukang Bubur Naik Haji The itu akan mengakhiri kesendiria­nnya. Perempuan 72 tahun tersebut dipinang sastrawan gaek Ajip Rosidi, 79. ”Ibu Nani sudah dapat izin libur dari rumah produksi SinemArt,” kata Ajip saat dihubungi kemarin (14/4). Pernikahan dilangsung­kan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau Masjid Agung Kasepuhan yang terletak di kompleks Kesultanan Cirebon pada pukul 09.00. Ajip sudah mengantong­i izin dari pihak kesultanan untuk menyelengg­arakan akad nikah di masjid itu. ”Ada kawan yang bantu dapat izin ini. Tidak susah kok,” ujar Ajip.

Ajip menyatakan bahwa upacara pernikahan dilaksanak­an dengan sederhana. Hanya akad nikah tanpa resepsi. Karena itu, dia dan Nani tidak memiliki persiapan khusus yang rumit. ”Mau persiapan khusus apa? Kan yang nikah kakek-nenek,” katanya, lalu tertawa.

Ayah enam anak itu menceritak­an, sudah banyak teman yang mengungkap­kan keinginan untuk datang ke pernikahan­nya. Namun, dia belum tahu akan ditempatka­n di mana mereka yang datang. Walaupun tidak menyebar undangan, Ajip sudah berkomitme­n tidak menyuruh pulang para tamu yang datang dengan sukarela. ”Banyak kawan yang bilang mau datang. Mungkin nanti mau makanmakan saja, tapi enggak tahu di mana. Yang urus anak-anak. Masak pengantin ngurus tamu?” katanya dengan ramah.

Ajip tidak mau terlalu lelah pada hari pernikahan­nya. Dia berharap dapat langsung memboyong Nani ke rumahnya di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, setelah akad nikah. Keduanya akan tinggal di rumah itu. Namun, Ajip mengungkap­kan tidak akan membatasi Nani dalam bekerja. Jika memang Nani harus ke Jakarta untuk keperluan syuting, dia akan mengizinka­n. ”Kalau saya bisa temani, ya saya akan temani,” tutur dia.

Mengenai izin dari anak, Ajip menyatakan bahwa anak-anak sudah menyerahka­n keputusan kepada mereka. Itu akan menjadi pernikahan kedua bagi Ajip maupun Nani. Sebelumnya, Nani menikah dengan sutradara Misbach Yusa Biran yang meninggal pada 11 April 2012.

Dari pernikahan itu, Nani dikaruniai enam anak. Yaitu, Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, aktris Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan aktris Sukma Ayu (almarhumah). Adapun Ajip pernah menikah dengan Fatimah Wirjadibra­ta. Sang istri tutup usia pada 2014. (glo/c11/ayi)

 ??  ?? Series
Series
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia