Jawa Pos

Ayo, All Indonesian Final Lagi!

Kejutan Anthony, Lolos ke Semifinal

-

SINGAPURA – Sektor ganda putra membuktika­n masih menjadi andalan utama bulu tangkis Indonesia di pentas internasio­nal. Kali ini, para jagoan ganda putra Indonesia menunjukka­nnya di Singapore Open Superserie­s 2017. Dua ganda putra hari ini berjuang di semi final. Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Berry Angriawan/ Hardianto.

Dua ganda putra itu juga bisa mengulangi capaian all Indonesian final saat tampil di India Open dua pekan lalu. Pada babak perempat final kemarin (14/4) yang berlangsun­g di Singapore Indoor Stadium, Marcus/Kevin mengalahka­n wakil Taiwan Lee Jhe-Huei/Lee Yang dua game langsung 21-16, 21-14. Sedangkan Berry/Hardi memberikan kejutan setelah membekuk unggulan kedua Goh V. Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) 21-15, 21-15.

Sebenarnya, Indonesia berpeluang menempatka­n tiga ganda putra di semifinal. Yang artinya bisa mewujudkan satu all Indonesian semifinal. Sayang, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi harus berjuang ketat sebelum kalah oleh salah satu ganda terkuat Tiongkok Li Junhui/Liu Yuchen. Angga/Ricky kalah 21-18, 20-22, 20-22 dalam duel yang berlangsun­g selama satu jam.

Di semifinal hari ini, Berry/Hardi akan bersua Li/Liu. Berdasar statistik pertemuan keduanya, duel hari ini akan menjadi yang pertama. Namun, mengacu peringkat mereka, Li/Liu yang nangkring di peringkat kedua BWF jelas lebih diunggulka­n ketimbang Berry/Hardi yang berada di posisi ke-65 dunia.

Namun, juara Malaysia Masters Grand Prix Gold itu punya potensi. Sejak dipasangka­n awal tahun ini, Berry/Hardi menjadi salah satu alternatif pasangan yang bisa dimaksimal­kan Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra pelatnas di Cipayung.

’’Kami harus menjaga kondisi buat pertanding­an besok (hari ini, Red),’’ ujar Berry dalam surat elektronik PP PBSI kemarin. Bersama Hardi, dia sudah menyiapkan strategi, termasuk saat menghadapi Li/Liu. ’’Kami harus lebih siap buat capek aja,’’ lanjutnya.

Di sisi lain, bagi Marcus/Kevin, menghadapi pasangan veteran Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen menjadi perjumpaan ketiga buat mereka. Pada pertemuan terakhir, Marcus/Kevin yang menempati posisi teratas ranking BWF unggul dua game langsung 21-18, 22-20 pada Tiongkok Open 2016 lalu. ’’Kami pernah ketemu. Jadi, kami harus melakukan yang terbaik aja. Usaha terus dan nggak gampang menyerah,’’ kata Marcus.

Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya harapan di semifinal tunggal putra. Kemarin dia mengalahka­n wakil Hongkong Vincent Wong Wing Ki 21-19, 21-14. Di semifinal hari ini, Anthony akan bertemu Srikanth Kidambi. Hasil pertemuan sebelumnya, mereka masih imbang 1-1.

Sayang, kemenangan Anthony gagal diikuti Jonatan Christie yang kemarin takluk oleh Lee Dong-keun (Korea Selatan) 18-21, 16-21. Kekalahan juga harus dirasakan Praveen Jordan/Debby Susanto yang tak kuasa menghadapi delegasi Thailand Dechapol Puavaranuk­roh/ Sapsiree Taerattana­chai. Laga tersebut berakhir 21-17, 21-13 untuk kemenangan Dechapol/Sapsiree. (nap/c17/ady)

 ?? PP PBSI ?? SESUAI PREDIKSI: Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan langkah ke semifinal Singapore Open Superserie­s 2017.
PP PBSI SESUAI PREDIKSI: Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan langkah ke semifinal Singapore Open Superserie­s 2017.
 ?? PP PBSI ?? KONSISTEN: Pasangan Berry Angriawan/Hardianto merayakan kemenangan atas unggulan kedua Goh V. Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) di perempat final kemarin.
PP PBSI KONSISTEN: Pasangan Berry Angriawan/Hardianto merayakan kemenangan atas unggulan kedua Goh V. Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) di perempat final kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia