Jawa Pos

Libur Panjang, Jumlah Penumpang Melonjak

-

SURABAYA – Long weekend membuat Terminal Purabaya bertambah padat. Calon penumpang tampak memenuhi terminal tersebut sejak Kamis malam (13/4).

Berdasar data UPT Terminal Purabaya, Kamis lalu 37.023 penumpang berangkat dengan menggunaka­n 998 bus. Penurunan jumlah penumpang terjadi kemarin. Hanya ada sekitar 35 ribu penumpang yang berangkat dari Terminal Purabaya. Mayoritas tujuan masih di dalam provinsi. Untuk destinasi antarprovi­nsi, penumpang terbanyak ada pada bus jurusan Jogja, Solo, dan Semarang.

Pada hari biasa, total jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Purabaya rata-rata sekitar 26 ribu orang. Itu berarti, selama libur long weekend, terjadi kenaikan sekitar 9 ribu penumpang.

Sementara itu, kendati lantai 2 terminal sudah dioperasik­an pada 11 April, hingga kemarin masih ada calon penumpang yang kebingunga­n. Rambu penunjuk arah ternyata belum sepenuhnya dipahami. Karena itu, petugas dishub dikerahkan untuk bersiaga di dekat eskalator. Mereka akan memandu calon penumpang agar naik ke lantai 2 terminal untuk menuju bus pilihan. Petugas bahkan sering mengejar penumpang yang keliru masuk ke lantai 1. ”Kadang-kadang pada nggak mau tanya, nyelonong saja,” ujar M. Fadli, salah seorang petugas.

Kepala UPT Terminal Surabaya Inderagani menyatakan, jajarannya siap membantu calon penumpang yang belum paham dengan perubahan jalur menuju bus. ”Meski sudah ada rambu penunjuk, ada yang tidak membaca. Jadi, petugas yang nguber untuk mengarahka­n,” ujarnya. Ada pula fasilitas troli dan kursi roda yang disediakan untuk penumpang. Meski demikian, menurut Indera, masih banyak yang belum mengerti cara menggunaka­nnya.

Selain petugas dishub, ada personel Polsek Waru dan Brimob yang menjaga Terminal Purabaya. Saat libur panjang, jumlah petugas keamanan yang dikerahkan mencapai empat kali lipat daripada biasanya. (kik/c10/oni)

 ?? OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS ?? NAIK SEGWAY: Inderagani mengarahka­n penumpang untuk naik ke lantai 2 menuju jalur pemberangk­atan bus.
OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS NAIK SEGWAY: Inderagani mengarahka­n penumpang untuk naik ke lantai 2 menuju jalur pemberangk­atan bus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia