Jawa Pos

Seni Rupa Punya Banyak Peminat

-

BANYAK jurusan di STKW Surabaya. Salah satunya, seni rupa. Kepala Jurusan Seni Murni STKW Surabaya Mufi Mubaroh menyatakan, mahasiswa seni rupa meningkat sangat signifikan. Terutama setelah ada beasiswa dari gubernur Jawa Timur.

Beasiswa yang digelontor­kan mulai 2012 itu diberikan kepada mahasiswa selama setahun alias dua semester. Sejak saat itu STKW Surabaya semakin dilirik masyarakat. Kini tercatat ada 150 orang yang aktif. ’’Biasanya satu angkatan 12 orang, yang lulus 5 orang. Sekarang yang lulus rata-rata di atas 15 orang,’’ ujarnya.

Beasiswa tersebut menjadi angin segar di dunia seni. Mufi berharap semakin banyak seniman yang bisa berkiprah di tanah air dalam lima tahun mendatang. Menjadi kritikus seni, jurnalis seni, dan kontraktor seni merupakan posisi yang masih sangat terbuka. Selama ini para lulusannya bekerja sama dengan orang-orang desain dan arsitek ataupun menjadi pegawai negeri sipil.

Profesi apa pun di dunia, kata Mufi, berkompete­nsi pada dunia seni dan visual. Arsitek butuh jiwa seni. Demikian pula dunia fashion, guru, maupun programmer.

Mufi menyebut seni murni tidak hanya fokus pada seni lukis, tetapi juga belajar seni yang lain. Misalnya, seni patung, seni grafis, dan seni keramik. Para mahasiswa pun bisa memilih berkreasi di dua jalur. Yakni, jalur penciptaan dan jalur pengkajian.

Agar percaya diri dalam berkompeti­si, pihaknya memfasilit­asi mahasiswa dengan kompetisi di internal kampus. Saat pameran internal jurusan, misalnya. Karya-karya mahasiswa semester 2,4, 6, dan 8 masing-masing dipilih 10 terbaik. (puj/c15/jan)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? IMAJINASI: Mufi Mubaroh, kepala jurusan seni murni STKW Surabaya, mendamping­i mahasiswin­ya.
DITE SURENDRA/JAWA POS IMAJINASI: Mufi Mubaroh, kepala jurusan seni murni STKW Surabaya, mendamping­i mahasiswin­ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia