Jawa Pos

Yang Penting Menghibur, Juara Urusan Belakangan

-

SURABAYA – Road show Surabaya Smart Riding 2017 ke kampung-kampung memasuki pekan terakhir. Para peserta pun makin antusias menyambut acara puncak yang rencananya dihelat di Taman Bungkul itu.

Misalnya, yang tersaji di Pulo Tegalsari, RW 7, Wonokromo, Kamis malam (13/4). Ibu-ibu yang mengenakan kostum kombinasi warna hitam, ungu, dan biru bersemanga­t menampilka­n yel-yel yang berisi ajakan tertib berlalu lintas. Mereka berjoget dan bernyanyi dengan diiringi lagu Goyang Dumang.

Antusiasme warga untuk ambil bagian dalam tim yel-yel sangat tinggi. Ada 40 orang yang ingin ikut berpartisi­pasi. Padahal, kuota yang tersedia hanya 20 orang. ”Warga di sini sangat senang dan terhibur. Kalau urusan juara, nanti mengikuti,” ujar Iin Rochim, koordinato­r tim yel-yel.

Iin yang juga selaku ibu RW 7 menambahka­n, persiapan tim tergolong singkat. Hanya dua minggu. Meski begitu, mereka siap berkompeti­si dengan kampung-kampung lain.

Malam itu tim Satlantas Polrestabe­s Surabaya datang bersama jajaran Polsek Wonokromo. Di antaranya, Wakapolsek AKP M. Rasyad yang mewakili Kapolsek Wonokromo Kompol Arisandi. Sepanjang acara, warga terlihat antusias. Mereka memenuhi jalan utama kampung dan menyimak arahan polisi untuk tertib berlalu lintas dengan saksama.

Rasyad mengimbau masyarakat agar selalu mengenakan helm saat berkendara. Dia mencontohk­an kecelakaan di Jalan Di- ponegoro pada Kamis sore (13/4) yang memakan korban jiwa. ”Melihat kejadian di Jalan Diponegoro, warga harus mengaitkan tali helm sampai berbunyi klik,” ujar perwira dengan tiga balok di pundak itu.

Bripka Abdul Rouf, anggota Satlantas Polrestabe­s Surabaya, juga memberikan materi tentang etika berkendara di jalan raya. Sesekali dia menyelipka­n joke untuk mencairkan suasana. Misalnya, saat dia menceritak­an pengalaman menilang seorang tukang becak.

Tukang becak tersebut melanggar rambu larangan melintas bagi becak. Namun, tukang becak itu berkelit. ”Pak Polisi itu salah, wong gambar becak dicoret. Lha ini kan saya naiki. Harusnya gambar itu ada orangnya,” kata Rouf menirukan jawaban tukang becak tersebut. Sontak, warga tertawa mendengar cerita Rouf.

Kemeriahan malam itu dipungkasi dengan alunan lagu dangdut. Warga tampak menikmati dengan turun dan bergoyang bersama. ( han/c16/fal)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SEMARAK: Penampilan ibu-ibu Pulo Tegalsari, RW 7, Wonokromo, yang menghibur warga Kamis malam (13/4).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SEMARAK: Penampilan ibu-ibu Pulo Tegalsari, RW 7, Wonokromo, yang menghibur warga Kamis malam (13/4).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia