Jawa Pos

Ratusan Pengelola Jurnal Ikuti Pelatihan

-

SIDOARJO – Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) mulai kemarin (14/4) hingga hari ini (15/4) dipercaya sebagai tuan rumah Electronic Journal Series Workshop dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pertama Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Sebanyak 336 peserta dari pengelola jurnal yang tersebar di seluruh Indonesia turut hadir. Mereka datang dari Aceh sampai Papua.

Acara di kampus Umsida di Jalan Majapahit itu diawali dengan electronic journal series workshop. Workshop tersebut ditujukan untuk mengakomod­asi para pengelola jurnal yang ingin memahami lebih dalam tata kelola jurnal elektronik dengan menggunaka­n platform open journal system (OJS).

Agar lebih fokus, workshop itu dibagi menjadi empat kelas sesuai dengan kemampuan awal pesertanya. Ada kelas beginner, intermedia­te, advance, dan expert. Pembagian kelas tersebut dimaksudka­n untuk memberikan kebebasan bagi peserta guna memilih kelas sesuai tingkat kemampuan. Para tutor pun bisa lebih berfokus pada satu tingkat materi.

Ketua Umum RJI Andri Putra Kesmawan menyatakan, RJI semakin gencar mempersiap­kan sistem yang memudahkan para pengelola jurnal. Misalnya, terkait proses pendamping­an, RJI sedang mengembang­kan sistem yang terintegra­si dengan core RJI lain menggunaka­n single login. Dengan demikian, sekali login sudah bisa mendapatka­n manfaat banyak dari RJI. ”Kita bersama-sama berupaya meningkatk­an tata kelola jurnal,” ujarnya.

Selain workshop, hari ini masih berlangsun­g Rakernas Pertama RJI. Tujuannya ialah menegaskan posisi RJI dalam ranah publikasi di Indonesia. ”Kita kan ingin membantu pengelola jurnal di Indonesia mewujudkan pengelolaa­n jurnal secara elektronik yang berkualita­s dan bereputasi,” jelas Ketua RJI Jatim Muhammad Tanzil. (uzi/c9/hud)

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? BERI TUTORIAL: Peserta mengikuti workshop dalam forum intermedia­te di Umsida kemarin (14/4).
FIRMA ZUHDI/JAWA POS BERI TUTORIAL: Peserta mengikuti workshop dalam forum intermedia­te di Umsida kemarin (14/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia