Jawa Pos

Tak Sekadar Bakulan

-

GRESIK – Komunitas Bakul Online Gresik (BOG) baru berusia 3 tahun. Namun, aktivitas yang dilakukan terbilang cukup banyak. Selain aktif mengisi tenda bazar dalam berbagai event di Gresik, mereka menyelengg­arakan kegiatan lain. Di antaranya, workshop fotografi, seminar kewirausah­aan, dan kids fashion show.

’’ Kids fashion show beberapa waktu lalu memang digelar untuk meramaikan car free day. Kegiatan kami bukan hanya ngelapak,” terang Marizki Anggraini alias Kiki, ketua BOG.

Dia menyebutka­n, salah satu tujuan utama terbentukn­ya BOG adalah mewadahi para pemula bisnis. Bukan hanya bisnis makanan dan minuman, tetapi juga bisnis fashion dan craft.

Komunitas tersebut menampung para pedagang perempuan dan laki-laki. Kiki menuturkan, para pemula bisnis, baik laki-laki maupun perempuan, pasti membutuhka­n ilmu. Mulai ilmu budgeting hingga strategi promosi yang ampuh. ’’Biasanya, saat ada event, kami menyewa satu tenda untuk dipakai enam orang. Jadi, para anggota bisa terus berjualan dengan biaya sewa yang lebih murah,” jelas perempuan 33 tahun itu.

Slogan komunitas yang berbunyi ’’tempat berbagi ilmu dan info berdagang’’ juga direalisas­ikan. Tujuannya, menebarkan manfaat positif kepada para anggota. Sebab, saat ini, cukup banyak anggota BOG yang aktif. Yakni, sekitar 400 orang. Saat tidak menggelar kopi darat atau berjualan, para anggota komunitas saling berbagi dan berkomunik­asi lewat grup WhatsApp dan Facebook.

Bahkan, beberapa anggota mengajari dan memfasilit­asi anak-anak mereka yang memiliki minat berdagang. Mereka mendaftark­an dan mendamping­i anak yang kebanyakan masih SD itu untuk ikut berjualan di stan. ’’Beberapa anak anggota BOG menjual mainan seperti Squishy. Tentu didampingi ibunya,” ucap Kiki.

BOG sudah merencanak­an dua agenda sekaligus untuk Mei mendatang. Yakni, lomba senam se-Kabupaten Gresik dan demo memasak untuk persiapan sahur pada bulan Ramadan. (hay/c18/ai)

 ??  ?? PADAT: Kawasan industri di daerah Manyar. Seharusnya PAD bisa bertambah dengan banyaknya pengusaha yang mengurus IPPM.
PADAT: Kawasan industri di daerah Manyar. Seharusnya PAD bisa bertambah dengan banyaknya pengusaha yang mengurus IPPM.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia