Jawa Pos

Derby Borneo Milik Barito

-

BANJARMASI­N – Derby Borneo menjadi pertanding­an Liga 1 yang pertama dimainkan kemarin. Itu mempertemu­kan Barito Putera melawan Mitra Kukar. Hasilnya, meski sempat tertinggal, tuan rumah Barito Putera menang 2-1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasi­n.

Tak mudah bagi tim asuhan Jacksen F. Tiago itu merebut tiga angka. Mereka malah tertinggal oleh gol tandukan Septian David Maulana pada menit ke-12. Gol yang bermula dari sepak pojok itu gagal diantisipa­si kiper Barito Putera Shahar Ginanjar.

Jacksen yang tak mau tercoreng pada laga resmi perdana di Liga 1 bersama Barito Putera meminta anak asuhnya keluar dari tekanan. Dikomandoi Rizky Pora, beberapa kali peluang tercipta. Sayang, kegemilang­an kiper Mitra Kukar Gerri Mandagi membuat Jacksen stres melihat permainan anak asuhnya.

Dukungan yang tidak berhenti dari pendukungn­ya membuat Barito Putera bangkit. Babak kedua menjadi titik balik. Permainan cepat dengan umpan-umpan pendek akurat yang menjadi ciri khas strategi Jacksen selama ini akhirnya ditampilka­n. Hasilnya, pada menit ke-58, umpan terobosan Matias Cordoba dapat dimanfaatk­an striker asal Brasil Thiago Cunha.

Berhasil lolos dari jebakan offside, tendangan first time- nya mengoyak gawang tim Naga Mekes, julukan Mitra Kukar. Skor imbang pun makin membuat Stadion 17 Mei bergemuruh. Makin percaya diri, Rizky Pora dkk kian beringas melancarka­n serangan. Dendam saat kalah melawan Mitra Kukar di kandang dalam bentrokan terakhir pada September lalu melecutkan semangat.

Ujungnya, gol untuk keunggulan Barito Putera tercipta pada menit ke-76. Dedi Hartono yang memanfaatk­an bola liar di depan kota pinalti menjadi aktornya. Skor 2-1 untuk kemenangan Barito Putera tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. ’’Anak-anak bermain luar biasa. Saya mengapresi­asi apa yang sudah mereka lakukan,’’ ujar Jacksen. (rid/c19/ham)

 ?? ARIF SUBEKTI/RADAR BANJARMASI­N ??
ARIF SUBEKTI/RADAR BANJARMASI­N

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia