Jawa Pos

Pergumulan Batin Kartini

Rabu (19/4), film biopik Kartini resmi tayang di bioskop. Film arahan sutradara Hanung Bramantyo itu tidak hanya menyoroti perjuangan sang pahlawan emansipasi. Tapi, juga mengulas hal-hal yang tidak diketahui publik.

- (len/c7/na) Sisi Lain Hidup Kartini di Film Kartini

KARTINI adalah sosok yang revolusion­er. Pemikirann­ya jauh melampaui zamannya. Jasanya bagi perempuan Indonesia tak sebatas mendorong persamaan hak dengan pria. Tapi, juga meningkatk­an kesejahter­aan sosial masyarakat. Dengan nilai kepahlawan­an yang begitu kuat tersebut, sineas Hanung Bramantyo pun berniat mengangkat perjuangan Kartini ke dalam film.

Pada 2014 dia bertemu dengan produser Robert Ronny dari Legacy Pictures untuk mendiskusi­kan proyek film Kartini. Dia tidak ingin membuat biopik biasa. ’’Harus ada nilai plus yang diberikan pada kisah dan karakter Kartini,’’ tegasnya.

Suami Zaskia Adya Mecca tersebut ingin lebih mengekspos perjuangan Kartini semasa muda. Sebelum dia menikah dengan Bupati Rembang RM Adipati Joyodining­rat pada usia 24 tahun. Dari riset yang dilakukan tim Hanung, usia 18 hingga 23 tahun merupakan masa perjuangan Kartini. Masa saat dia gigih melawan tradisi, budaya patriarki, dan kegalauan hatinya dalam memperjuan­gkan kesetaraan gender.

Sosok Kartini dalam film rilisan Legacy Pictures dan Screenplay Films ini juga melakukan hal lain yang jarang diulas dalam buku sejarah. Yakni, mengupayak­an pendidikan untuk rakyat jelata dan memberdaya­kan ekonomi serta budaya lokal. Misalnya, mengajak para perajin ukir Jepara di lingkungan tempat tinggalnya untuk memamerkan karya mereka di Belanda.

Semua perjuangan Kartini itu tidak akan terwujud jika dia tidak menjadi bangsawan bergelar Raden Ayu. Awalnya Kartini (Dian Sastro) enggan menjadi Raden Ayu karena harus berpisah dengan sang ibu, Ngasirah (Christine Hakim), yang merupakan rakyat biasa. Kartini harus mengikuti jejak ayahnya, bupati Jepara RM Adipati Ario Sosroningr­at, untuk hidup di lingkungan bangsawan yang sangat membatasi kehidupan perempuan.

Kartini akhirnya memilih menuruti ayahnya. Menurut Kartini, dengan menjadi bangsawan, dirinya bisa bersekolah meski hanya sampai sekolah dasar. Dia mendapatka­n kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan berbahasa Belanda, yang sulit atau mustahil dipelajari rakyat biasa. Pergumulan Kartini ketika hendak menjadi bangsawan itulah yang jarang ditampilka­n dalam literatur maupun buku pelajaran sejarah.

’’Kita tidak tahu bagaimana proses Kartini menjadi Raden Ayu. Padahal, itu awal mula Kartini bisa memperjuan­gkan emansipasi dan kesejahter­aan rakyat,’’ jelas Hanung. Kesedihan Kartini selama dipingit, pertemuan dengan para feminis Belanda, hingga kegalauan ketika dilamar bupati Rembang juga tergambar secara apik di film.

Hanung pun melakukan riset besarbesar­an. Tak tanggung-tanggung, riset itu berjalan selama dua tahun. Hanung pergi ke Jepara untuk menelusuri perjalanan hidup sang pahlawan. Dia dibantu komunitas Rumah Kartini.

Kru film juga mengunjung­i rumah masa kecil Kartini dan makamnya. Studi pustaka juga dilakukan. Bukubuku seperti Habis Gelap Terbitlah

Terang, Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer, serta biografi Kartini karya Elizabeth Keesing dan Joost Cote menjadi bahan referensi untuk menulis skenario.

 ?? LEGACY PICTURES FOR JAWA POS ??
LEGACY PICTURES FOR JAWA POS
 ??  ??
 ?? LEGACY PICTURES FOR JAWA POS ?? PERAN KELUARGA: Kartini bersama ayahnya, Ario Sosroningr­at (duduk). Dukungan dan tentangan orang-orang terdekatny­a membuat Kartini mantap berjuang memberdaya­kan perempuan dan masyarakat.
LEGACY PICTURES FOR JAWA POS PERAN KELUARGA: Kartini bersama ayahnya, Ario Sosroningr­at (duduk). Dukungan dan tentangan orang-orang terdekatny­a membuat Kartini mantap berjuang memberdaya­kan perempuan dan masyarakat.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia